Kalau lagi iseng, emang enaknya searching-searching tempat liburan, kali aja suatu saat nanti bisa kesana, yekaaan!! Kali ini kita akan jalan-jalan ke Banjarmasin. Kalau denger kota Banjarmasin ingatnya sama pasar terapung, yang dulu jadi iklannya eRCeTeI 😀

Selain menjadi kota terbesar di Kalimantan, Banjarmasin juga memiliki julukan Kota Seribu Sungai. Julukan ini diberikan karena Banjarmasin dibelah oleh banyak sekali sungai, seperti Sungai Martapura, Barito, Keramat, Jagabaya dan banyak sungai lainnya. Begitu banyaknya sungai di kota ini membuat kehidupan masyarakatnya pun terpusat pada sungai.

Saya sendiri tertarik dengan wisata sungai, trus ngerasain belanja di pasar terapung, gimana ya itu, apakah kita harus loncat dari perahu ke perahu lainnya gitu?? hehehe. Dan sepertinya, wisata di Banjarmasin ini sangat ramah ya buat anak-anak untuk wisata keluarga. Yuk kita intip :

Pasar Terapung

Datang ke Banjarmasin tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Pasar Terapung yang ada di berbagai sungai di Banjarmasin. Pasar tradisional yang sudah bertahan sejak ratusan tahun silam ini menggunakan perahu sebagai media utama untuk berdagang.

Pasar Terapung Banjarmasin. Foto : mytrip.co.id

Dengan melakukan proses jual beli diatas perahu, kita bisa menemukan aneka kebutuhan mulai dari hasil pertanian sampai pakaian, penasaran kan?? Pasar Terapung hanya berlangsung dari jam 05:00 sampai jam 07:00, karena itu pastikan untuk bangun pagi agar dapat menikmati pasar unik ini. Tempat ini bisa menjadi sarana edukasi bagi anak-anak, khususnya tentang perekonomian dan budaya lokal masyarakat setempat. Menarik bukan?

Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura

Wah , pergi kemana pun tak lengkap kalau belum wisata kuliner. Setelah puas berbelanja di Pasar Terapung, bisa langsung mengunjungi Pusat Kuliner di tepian sungai Martapura. Menjajakan makanan khas Banjarmasin seperti Soto Banjar, Nasi Kuning, dan laksa, kita bisa menikmati hidangan khas tersebut sambil menikmati pemandangan di tepi sungai Martapura. Cakeeep!!

Kuliner di Sungai Martapura. Foto : travel.kompas.com

Museum Wasaka

Museum yang berada di bangunan rumah adat Banjarmasin yang berbentuk panggung dengan atap tinggi ini, cocok dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga. Kita bisa menemukan berbagai peninggalan sejarah seperti seragam perjuangan, senjata, dan juga sepeda tua yang digunakan untuk melawan penjajah.

Musium Wasaka. Foto : wikimapia.org

Ada juga teks proklamasi yang dibuat pada tanggal 17 mei 1949. Berbeda dari teks proklamasi yang kita pelajari di sekolah, teks proklamasi ini dibuat setelah Kalimantan bergabung dengan Indonesia. Sebelumnya, berdasarkan Perjanjian Linggarjati, Kalimantan bukanlah bagian dari Indonesia.
Untuk masuk ke Museum ini, tidak dikenakan biaya alias gratis. Hanya saja, pastikan untuk datang pada hari selasa sampai minggu pada pukul 8:30 sampai 12:30. Oke noted!

Pulau Kembang

Di tengah sungai Barito, ada pulau yang bisa kita kunjungi bernama Pulau Kembang. Pulau ini menjadi tempat tinggal monyet-monyet. Tidak hanya itu, di pulau ini juga terdapat sebuah kuil dan altar dengan arca berbentuk monyet putih atau hanoman. Untuk kamu yang ingin menikmati keindahan sungai Barito sembari melihat dan mempelajari tingkah monyet, bisa berwisata ke pulau ini.

Pulau Kembang Banjarmasin. Foto : lacakinfo.com

Namun, jangan lupa untuk membawa makanan ringan atau buah-buahan untuk mengalihkan perhatian monyet disini, karena monyet tersebut sering kali penasaran dan bahkan mengambil tas kita, nahlo, hahaha. Untuk masuk ke Pulau Kembang hanya dikenakan biaya sebesar Rp 5000 untuk wisatawan lokal dan Rp 25.000 untuk wisatawan mancanegara.

Baca juga  Malam Tahun Baru di Jakarta enaknya kemana ya

Pasar Intan Martapura

Bagi kalian pecinta perhiasan khususnya batu permata, jangan sampai melewatkan untuk berwisata di kota dengan hasil tambang batu permata terbesar di Indonesia, Martapura. Bukan hanya wisatawan lokal saja, Pasar Intan Martapura juga telah menjadi magnet bagi para wisatawan mancanegara untuk berkunjung dan mendapatkan batu permata dengan kualitas terbaik.
Kalian dapat memajakan mata kalian melihat batu permata yang Indah. Ada juga batu permata yang telah diolah menjadi gelang, cincin, kalung dan sebagainya, ini bisa banget menjadi pilihan oleh-oleh yang akan kalian berikan buat sahabat dan sanak saudara.

Pasar Intan. Foto : getborneo.com

 

Nahh, yang tidak boleh dilupakan juga, sebelum berangkat ke Banjarmasin, pastikan kalian sudah memesan hotel untuk menginap yaa. Salah satu hotel murah di Banjarmasin yang bisa kamu coba jadikan tempat persinggahan kamu adalah Airy Rooms. Dengan harga yang affordable, fasilitas yang diberikan oleh Airy Rooms bisa dibilang cukup lengkap.

Kalian bisa memesan Airy Rooms melalui website maupun smartphone, kemudian menyelesaikan pembayaran melalui transfer dan kartu kredit. Transport (done), penginapan (done), list tempat wisata (done), langsung deh terbang ke Banjarmasin.