Ikuti Present Campaign HIS Winter Tour Blogging Competition

Jepang….

Sejak setiap hari minggu pagi disuguhin tontonan film kartun Jepang, macam Sailormoon, Doraemon, Chibi Maruko Chan, Cardcaptor Sakura, dan teman-temannya.

Sejak mulai baca dan menuhin rak buku dengan komik-komik Jepang.

Sejak liat bunga Sakura berguguran di film Dragon Sakura dan Itazura na kiss versi Takashi Kashiwabara yang ganteng.

Sejak mama bilang saya mirip Oshin karena mata saya yang minim, padahal gak ada keturunan Jepang sama sekali. Eh, jangan salah, keturunan betawi juga sipit kalii. 😀

Sejak saat itulah Jepang masuk dalam list negara impian saya. 🙂

Sebelumnya, Tulisan ini disertakan dalam Blog Competition yang diselenggarakan oleh Kawaii Beauty Japan bekerjasama dengan H.I.S Travel. Temen-temen juga bisa ikut serta dalam kompetisi ini dan dukung dengan cara meng- klik banner-nya. Terimakasih ya. Siapa tau bisa ke Jepang bareng 😀

Salah satu pulau di Jepang yang saya ingin kunjungi #suatusaatnanti adalah Hokkaido. Hokkaido adalah pulau paling atas / utara Jepang, menurut pengetahuan yang saya dapat, semakin ke utara maka udaranya semakin dingin, sebaliknya semakin ke selatan maka semakin panas. Tapi sepanas-panasnya Jepang, kayaknya gak sepanas Jakarta deh, hehehe. Pingin banget merasakan keindahan Hokkaido, berwisata sambil menikmati alam, dan budaya-nya.

Untuk mencapai pulau Hokkaido, baik dengan penerbangan Internasional maupun domestik akan mendarat di Shin-Chitose, lalu dari Shin-Chitose menuju pusat kota / Sapparo menempuh waktu 35 menit dengan jarak 30 km.  

Untuk transportasi atau akses antar kota di Hokkaido dapat menggunakan kereta / JR (Japan Railways) atau bus. Walaupun menggunakan bus, gak usah khawatir macet atau gerah kayak di Jakarta, karena udara di Hokkaido sejuk, cenderung dingin, bahkan kita bisa menikmati keindahan alam Hokkaido yang sarat dengan suasana pedesaan. Alamaaakk!

  1. Menikmati musim dingin

Masuk bulan Januari, saya sudah bisa membayangkan cuaca di Hokkaido yang sejuk dingin.  Berarti sekarang ini Hokkaido lagi penuh dengan salju ya harusnya. Nah, cuaca yang dingin dan bersalju ini kerapkali menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dengan diadakannya festival-festival yang bertema musim dingin. Festival-festival ini biasanya diadakan di Sapparo atau Furano. Seru banget yaah.

sapporo snow festival

Sapporo Snow Festival atau Sapporo Yuki Matsuri. Foto : japan-guide.com

Sapporo Snow Festival. Foto : avonturguide.blogspot.com

Sapporo Snow Festival. Foto : avonturguide.blogspot.com

Sapporo Snow Festival ini terkenal di dunia. Setiap tahunnya di bulan Februari, baik wisatawan lokal maupun mancangara hadir untuk menikmati festival salju ini atau Sapporo Yuki Matsuri.  Disini kita bakal disuguhi pemandangan ala film frozen, seperti seni-seni pahatan dari es, bahkan ada istana megah dari es. Waahhh!! I can smell snow from here, oh it’s my aircon btw. 😀

Untuk melestarikan ciri khas Hokkaido, setiap musim dingin di bagian utara Hokkaido, tepatnya di Furano, secara rutin diadakan juga perlombaan kereta anjing terbesar di Jepang atau disebut perlombaan dogsled, jadi inget Hachiko :’)

Dogsled di Hokkaido. Foto : insparazzi.com

Dogsled di Hokkaido. Foto : insparazzi.com

  1. Lavender blue dilly dilly

Yang tak boleh dilewatkan dari Hokkaido yaitu Bukit bunga Lavender di Hinode Park, Furano, saya sudah bisa bayangkan hamparan luas bunga lavender pada musim panas yang sejuk. Pemandangan ini bisa dinikmati pada musim panas di bulan Juni –Agustus.

Hamparan bukit Lavender, Furano, Jepang. Foto : flickr.com

Hamparan bukit Lavender, Furano, Jepang. Foto : flickr.com

  1. Menikmati Sakura di Negeri Sakura 

Di bulan April – Mei , waktunya menikmati keindahan Sakura di negeri Sakura pakai Yukata. 😀 *terbayang sudah kembang sakura berguguran, take me to Japan, pleaseeeee!!!

Ada beberapa tempat untuk menikmati Sakura di Hokkaido seperti Asahiyama Park di Asahikawa dan Maruyama Park di Sapporo. Setiap tahunnya di Asahiyama Park diselenggarkan festival bunga Sakura…haduuuhhh makin pingin ke Jepang gak sihhh!!

Hokkaido Cherry Blossoms. Foto : jnto.org.au

Hokkaido Cherry Blossoms. Foto : jnto.org.au

Lokasinya juga cukup dekat dengan Kebun Binatang Asahiyama di Asahikawa. Jadi memungkinkan banget kalau setelah lihat Sakura trus langsung liat Polar Bear dan pinguin di Asahiyama zoo. Wohooo!!

Asahiyama Zoo. Foto : japan-guide.com

Asahiyama Zoo. Foto : japan-guide.com

  1. Wisata ke Ibu Kota Hokkaido

Beralih ke Hokkaido tengah, rasanya belum ke Hokkaido kalau belum mengunjungi Sapporo. Sapporo adalah Ibu kota Hokkaido sekaligus kota terbesar di Hokkaido, dan kota terbesar ke-5 di Jepang. Di Sapporo, banyak  tempat wisata yang gak kalah menarik dibandingkan dengan Tokyo atau Osaka, seperti Kanal Otaru,  Sapporo TV Tower, Bekas Gedung Pemerintahan Hokkaido, Observatorium Hitsujigaoka, Sapporo Beer Garden, Aquarium Citose Salmon, Stadium Ski Okurayama, Kitaichi Glass, dan lain-lain.

Kanal Otaru. Foto : avonturguide.blogspot.com

Kanal Otaru. Foto : avonturguide.blogspot.com

Walaupun belum pernah melihat secara langsung, tapi tempat-tempat wisata di Sapporo mengingatkan saya dengan kota tua di Jakarta, bangunan-bangunan tua berbata merah terkesan klasik, contohnya bekas gedung pemerintahan Hokkaido yang sudah dibangun sejak zaman Meiji, sekitar 1880an

Bekas Gedung Pemerintahan Hokkaido. Foto : id.visit-hokkaido.jp

Bekas Gedung Pemerintahan Hokkaido. Foto : id.visit-hokkaido.jp

  1. Suku Ainu dan Marimo Festival

Informasi seputar musim dingin, bunga sakura, bukit lavender serta jalan-jalan di ibu kota Hokkaido sudah dikantongi, rasanya belum lengkap kalau belum berkenalan dengan penduduk asli Hokkaido, yaitu suku Ainu. Mereka meyakini bahwa kekayaan alam yang mereka miliki harus dijaga. Salah satu-nya menjaga kelangsungan habitat gangang Marimo atau bola lumat agar tidak punah, dibutuhkan waktu lebih dari 100 tahun agar ganggang Marimo bisa tumbuh dan berkumpul membentuk bulatan hijau besar dengan diameter 10cm. Hingga kini, ganggang Marimo terbesar di dunia dengan diameter 30cm  dapat ditemukan di Danau Akanko, Hokkaido.

Suku Ainu melaksanakan tradisi tahunan dalam festival Marimo sebagai rasa syukur atas alam. Foto : tsunagujapan.com

Suku Ainu melaksanakan tradisi tahunan dalam festival Marimo sebagai rasa syukur atas alam. Foto : tsunagujapan.com

Suku Ainu meyakini jika menjaga bola lumat dengan kasih, maka mereka akan memperoleh kabahagiaan, kedamaian dan cinta kasih sebagai balasannya. Oleh karenanya setiap tahunnya di musim gugur, antara bulan September -November, diadakan sebuah festival Marimo dengan tujuan menciptakan kesadaran dan mendidik masyarakat tentang ganggang Marimo yang hampir punah dari danau Akanko. Tradisi kuno ini telah berlangsung sejak tahun 1950 di bagian timur Hokkaido.

Suku Ainu dalam Festival Marimo. Foto: tsunagujapan.com

Suku Ainu dalam Festival Marimo. Foto: tsunagujapan.com

Selain upacara dan parade kembang api, dalam Marimo Festival juga diwarnai dengan bazaar dan perlombaan, para wisatawan-pun dapat turut berpartisipasi meramaikan tradisi Marimo Festival ini.

  1. Makanan Khas Hokkaido

Satu hal yang kudu wajib dilakukan saat melakukan traveling, yaitu menikmati kuliner kas dari asalnya. Mungkin kalau sushi atau ramen rasanya sudah biasanya, tapi ada satu menu yang saya pun penasaran rasanya seperti apa, yaitu Gengkhis Khan dan Ishikari Nabe.

Gengkhis Khan..hmmmm.. familiar ya di telinga. Seinget saya Gengkhis Khan itu nama pejuang dari Mongol, bener gak?? tapi kok jadi makanan khas Hokkaido, Jepang… Anyway, walaupun belum pernah ngerasain, menu ini sering disajikan di tempat makan dan tempat wisata di Hokkaido, jadii bikin penasaran kaan!!!. Sekilas terlihat mirip Bibimbap (Makanan khas Korea), ada daging, toge dan sayuran lainnya. Daging yang disajikan dalam Gengkhis khan adalah daging kambing. Cara makannya bisa dengan dicocol ke sausnya atau diaduk dengan sausnnya sehingga rasa asin sausnya lebih merasup.  

Gengkhis Khan. Makanan Khas Hokkaido

Gengkhis Khan. Makanan Khas Hokkaido Ishikari Nabe. Foto : higumaisme.blogspot.co.id

Ishikari Nabe

Ishikari Nabe. Foto : higumaisme.blogspot.co.id

Makanan khas yang ke-2 adalah Ishikari Nabe, berupa rebusan tawar salmon potong, seperti yang terlihat digambar, selain salmon dimasukan juga sayuran seperti bawang, lobak, kentang dan misso. Karena rebusan, jadi pas banget dinikmati di tempat yang dingin. 

 

Namanya juga mimpi, biar jadi nyata harus usaha dong, gak ada salahnya kok mulai cari-cari info travel, barangkali dapet yang pas. Nah, kalau untuk travel ke Jepang, yang banyak direkomendasikan adalah  H.I.S Travel. H.I.S Travel banyak memberikan penawaran oke buat kita berwisata ke luar negeri, khususnya Jepang. Biasanya kalau pakai jasa travel kan identik dengan group, ternyata di H.I.S Travel juga menyediakan layanan untuk individu, serta penawaran yang mengutamakan kenyamanan dan kemudahan buat customer. 

Sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik untuk customer, H.I.S Travel berkerjasama dengan maskapai penerbangan All Nippon Airways (ANA), yang diberi nama HAnavi. HAnavi menyediakan paket tiket penerbangan domestik +Hotel dengan harga yang MURAH MERIAH berangkat dari Tokyo dan Osaka, sehingga para wisatawan asing dapat dengan mudah melakukan perjalanan domestik di wilayah Jepang. Ciamik kan!!!! serasa menemukan jodoh…liburan idaman rasanya udah didepan mata. cling..cling!!  

Nah…buat yang punya impian ke Jepang, pingin liat sakura kayak saya, apalagi gratisssss. hahaha H.I.S Travel bekerja sama dengan Kawaii Beauty Japan sedang menyenggarakan blog competition dengan hadiah ke Jepang. Kawaii Beauty Japan sendiri adalah website yang menyediakan informasi kecantikan dan teknologi terkait kecantikan. Merupakan anak dari RichMedia yang sudah bekerja sama dengan 900 perusahaan kosmetik Jepang. Warbiaasak!!

Ohya, ingetin lagi, cara detail untuk ikut kompetisinya, tinggal klik banner dibawah ini! Monggo!! Gudlak yaah!!

Referensi :

  • tsunagujapan.com
  • japan-guide.com
  • id.visit-hokkaido.jp
  • infojepang.net
  • avonturguide.blogspot.co.id
  • higumaisme.blogspot.co.id
  • jnto.org.au

Ikuti Present Campaign HIS Winter Tour Blogging Competition

Baca juga  Cobain Kelembutan dan Enaknya Steak Tokyo Skipjack