Beberapa kali, kalau lagi malas masak, saya dan suami suka hunting makan di sekitaran rumah kami. Kebetulan saya tinggal di Radio Dalam Jakarta Selatan, jadi gak susah kalau malam-malam kelaperan, tinggal keluar gang trus pilih deh salah satu tempat makan di sepanjang jalan. Gak jauh dari Radio Dalam, tepatnya di jalan Haji Nawi, saya menemukan tempat makan bernama Mangut Bu Shanti.

Kalau denger kata Mangut, saya langsung mikirnya ikan Lele, tapi ternyata yang dihidangkan di Mangut Bu Shanti ini bukan ikan Lele, melainkan ikan Cakalang dan ikan Pari. Fyi, Mangut merupakan makanan berkuah santan, identik dengan gulai, menggunakan bahan utama ikan, contohnya ada Mangut ikan Kakap, Mangut ikan Asap, Mangut ikan Pari dan lain-lain.

Kami memesan 2 hidangan utama, yaitu Mangut Cakalang dan Opor Ayam. Sengaja mesan makanan yang beda, supaya bisa icip-icip. Untuk snack-nya kami pesan Bakwan Jagung Buncang dan minumnya Teh Manis dan favorit saya, Susu Jahe.

Sambil menunggu pesanan, saya memperhatikan sekeliling tempat makan, sedikit ada sentuhan tempo dulu yang ingin diciptakan, seperti ada papan peraturan dari kayu, alunan lagu-lagu jawa, sampai piring dan gelas jadul, juga pincuk sebagai alas makanan.

Setelah dicicipi, Mangut Cakalang Asapnya-nya Enak, rasanya gurih pedas manis. Pedasnya mantap! Saya dan abang suka. Opor-nya juga enak, walau rasanya gak jauh dari opor-opor pada umumnya, tapi ini termasuk opor yang enak, ayamnya empuk. Beberapa kali saya makan di Mangut Bu Shanti, pesanan kami selalu Mangut Cakalang, kalau lagi keabisan, baru option yang ke-2, yaitu Opor Ayam.

1. Susu Jahe, 2. Bakwan Jagung Buncang, 3. Mangut Cakalang, 3. Papan Peraturan, 5. Opor Ayam

1. Susu Jahe, 2. Bakwan Jagung Buncang, 3. Mangut Cakalang, 3. Papan Peraturan, 5. Opor Ayam

Bakwan Jagung Buncang, seperti bakwan jagung yang dikasih sambel kacang. Menurut saya, rasanya sih biasa saja, porsinya cukup banyak. Susu jahe-nya enak, walau agak sedikit kemanisan.

Baca juga  Olahraga sekaligus Rekreasi di The Wave Pondok Indah Water Park, Kolam Renang Pondok Indah

Details Menu :

Mangut Cakalang Asap Rp 15.000

Opor Ayam Rp 15.000

Bakwa Jagung Buncang Rp 5.000

Susu Jahe Rp 7.000

Ada juga menu-menu lainnya yang patut dicoba seperti Mangut Iwak Pari Asap, dan Telur Mangut. Untuk minumannya, satu yang masih bikin saya penasaran yaitu minuman Ande-ande Lumut, tulisannya sih minuman sirup rasa asem jeruk dan susu soda, kapan-kapan dicoba deh.

Lokasi : Jalan Haji Nawi Raya No.29 Jakarta Selatan.

Buka : Sehabis Magrib, sekitar jam 7an