Selain Yogyakarta dan Bali, ada satu kota di tanah Jawa yang ingin sekali saya kunjungi tapi belum kesampaian sampai sekarang, huhuhu yaitu Malang. Selain pingin ke Bromo-nya yang tersohor itu, saya juga penasaran dengan pantai-pantai di Malang yang konon katanya sangat menawan, tidak kalah menarik dari pantai-pantai di Bali dan Lombok.

Sebenernya banyak alasan saya buat terbang ke kota arema ini, adik bungsu saya kuliah di Brawijaya, Malang, papa saya juga orang Malang, kemudian sahabat kuliah saya akhir bulan Maret ini akan melangsungkan pernikahan di Bojonegoro, which is dekat dengan Malang. Rasanya pingin langsung cari tiket ke Malang, kan banyak tuh promo-promo di Traveloka, hehehe.  Tapi apa daya suami masih banyak kerjaan, masa saya liburan sendiri? kalau mau mengajukan cuti pun kudu jauh-jauh hari.

Jadilah saya cuma bisa kepoin kota Malang dari layar PC, #mesaake #kurangpiknik #kodekesuami . Salah satu pantai yang menarik perhatian saya di Malang adalah Pantai Batu Bengkung. Pantai ini terletak di Kawasan Jalur Lintas Selatan.

Jalur Lintas Selatan merupakan sebuah jalan yang terbentang di daerah pesisir Kabupaten Malang.  Kawasan Jalur Lintas Selatan memang dikenal sebagai surganya pantai. Di sepanjang jalur kita akan melihat banyak pantai dengan panorama yang mengagumkan.

Pada kawasan ini terdapat beberapa pantai terkenal seperti, Pantai Bajul Mati, Sendang Biru, Watu Leler, Goa Cina, dan lain sebagainya. Salah satu pantai yang banyak dikunjungi wisatawan di kawasan ini adalah Pantai Batu Bengkung.

Hal-Hal Menarik di Pantai Batu Bengkung

Pantai cantik ini dinamai Batu Bengkung karena memiliki gugusan karang yang membentang di antara dua bukit dan membendung hempasan ombak yang berlari menuju pantai.

Baca juga  Olahraga sekaligus Rekreasi di The Wave Pondok Indah Water Park, Kolam Renang Pondok Indah

Kata bengkung sendiri berasal dari bahasa Jawa. Bengkung merupakan sabuk pengikat perut dan biasanya digunakan oleh perempuan yang baru melahirkan. Karang di pantai ini membentang dan berfungsi seperti bengkung. Gugusan karang tersebut melindungi pantai dari hempasan ombak Laut Selatan.

Pantai Batu Bengkung. Sumber : tripmalang.esy.es

Selain gugusan karang, Pantai Batu Bengkung juga memiliki hal-hal menarik lainnya, seperti:

Kolam Air Asin Alami

Kolam air asin di Pantai Batu Bengkung tidak bisa selalu kita lihat. Kolam ini hanya muncul saat air laut sedang pasang. Jika kalian ingin merasakan sensasi berendam di kolam air asin, datanglah ketika ombak Pantai Batu Bengkung sedang naik atau pasang.

Kolam air asin terbentuk dari cekungan yang memisahkan pantai dan gugusan karang. Air ombak yang dipecah gugusan karang akan masuk ke dalam cekungan dan secara alami membentuk sebuah kolam.

Kolam Air Asin di Pantai Batu Bengkung. Sumber : wisataterbaru.com

Pemandangan Matahari Tenggelam

Sunset merupakan pemandangan yang banyak diburu orang ketika mereka berkunjung ke pantai. Keindahan bulatan matahari yang perlahan menyelam ke dalam lautan, dan meninggalkan guratan jingga di langit biru memang tiada duanya. Pemandangan cantik ini juga bisa kita nikmati di kawasan wisata Pantai Batu Bengkung.

Tidak heran jika saat senja, banyak orang memilih untuk bersantai di pinggir pantai sambil menikmati keagungan Tuhan yang mengagumkan.

Tebing Karang

Jika kalian seorang yang suka tantangan, cobalah untuk mendaki tebing karang yang ada di Pantai Batu Bengkung. Saat mendaki tebing, kita akan melewati jalan setapak yang sempit dan terjal.

Konon katanya agak sedikit sulit, akan tetapi kelelahan kita akan terbayar begitu sampai di puncak tebing. Dari puncak, kita bisa melihat hamparan laut biru yang cantik dan bukit-bukit kecil yang indah. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen wisata Anda di sini.

Pemandangan dari atas bukit di Pantai Batu Bengkung. Sumber : anomharya.com

Hamparan Pasir Putih

Pantai Batu Bengkung memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas. Di atas pasir ini, kalian bisa duduk-duduk santai sambil menikmati angin pantai yang segar. Saat musim liburan, banyak pengunjung yang mendirikan tenda dan bermalam di atas pasir Pantai Batu Bengkung.

Baca juga  Nggak seperti biasanya, ada yang berbeda dari liburan ke Yogya kali ini [ Cari Homestay via AirBnb vs Jatuh Cinta sama Gudeg]

Sayangnya, para pengunjung dilarang berenang di pantai. Selain karena ombak pantai cukup tinggi, di kawasan wisata ini juga terdapat banyak batu karang yang tajam.

Menarik kan kota apel ini, pokoknya setidaknya sekali seumur hidup kudu ke Malang!!!

Rute Menuju Pantai Batu Bengkung

Untuk ke pantai ini, tentunya harus pergi ke Kota Malang terlebih dahulu. Kalian bisa menggunakan berbagai alat transportasi, kalau mau cepat ya pesawat, tapi bisa juga naik kereta api yang langsung ke Malang ataupun ke Surabaya dulu. Iseng-iseng ah cari tiket kereta murah di Traveloka, siapa tau jodoh, ahaiii..

Jalan menuju Pantai Batu Bengkung cukup mudah dan terjangkau. Dari Stasiun Kota Malang, kita bisa melewati jalur menuju Pantai Sendang Biru. Setelah itu, ikuti jalur menuju Pantai Goa Cina dan Bajul Mati. #ceritanyamulaisurvei

Sepanjang jalur menuju Pantai Batu Bengkung, kalian akan melihat panorama khas pesisir yang indah. Kalian juga akan melewati beberapa pantai cantik yang pemandangannya tidak kalah menarik dengan pantai di tempat wisata terkenal seperti Bali dan Lombok. Ahhhh..

Setelah sampai di kawasan Bajul Mati,  akan melewati sebuah jembatan yang di bawahnya terdapat sebuah danau cantik. Di sekeliling danau, terdapat banyak pepohonan rimbun yang memanjakan mata. Setelah menempuh jarak sekitar 2 km, barulah kita sampai di Pantai Batu Bengkung.

Pantai Batu Bengkung. Sumber : nginepmana.com

Harga Tiket Masuk ke Pantai Batu Bengkung

Sama seperti pantai di Jalur Lintas Selatan lainnya, harga tiket masuk ke objek wisata ini cukup terjangkau. Cukup dengan Rp5.000 kalian sudah bisa memasuki kawasan Pantai Batu Bengkung. Jika ingin mendirikan tenda dan bermalam di sana, pengunjung tidak akan dikenai biaya tambahan.

Baca juga  5 Tujuan Wisata di Banjarmasin untuk Rekreasi Keluarga

Di Pantai Batu Bengkung, biaya parkir dipatok sekitar Rp5.000 untuk satu motor. Harga tersebut naik menjadi Rp10.000 jika pengunjung menginap di kawasan pantai. Soal keamanan, tidak perlu khawatir. Area parkir di kawasan wisata ini selalu dijaga selama 24 jam.

Jadi makin pingin main-main ke Malang nih, kudu rajin-rajin cari informasi dan tiket promo di Traveloka. 🙂

Semoga informasi di atas bermanfaat ya, selamat berlibur.