Sejak terbukti bagus untuk janin, menu Ikan jadi menu pilihan saya, seengaknya dalam seminggu bisa 2-3x makan ikan. Ikan favorit saya bandeng, lele, tongkol, bawal, sesekali salmon, pokoknya segala macam ikan saya makan.

Waktu lagi main ke rumah ibu, Ibu nyediain menu ikan Gindara. Jujur saya baru denger nama ikan itu, hehehe. Kata ibu, ikan Gindara bagus buat Ibu hamil. Sekilas bentuknya kaya ikan tongkol, kulitnya warna hitam tapi dagingnya warnanya putih, setelah dicoba ikannya lembut banget dan rasanya enak. Mungkin juga karena bumbu yang di racik sama mpok Sum, jadi bikin tambah yummy.

Ikan Gindara

Lalu saya coba googling mengenai ini. Ikan Gindara merupakan salah satu jenis ikan laut. Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa ikan Gindara dikenal dengan Ikan Setan, karena warna dan bentuknya yang seram. Warna kulitnya hitam dan bersisik tajam.

Dilaut bebas beratnya bisa mencapai 50kg, seperti berat badan saya dong, sewaktu belum berbadan dua. Hihihi. Karena berat, Ikan Gindara seringkali berani menyeret perahu Nelayan. Sangarrr!! Gindara tergolong ikan yang langka, dan bisa ditemukan di perairan Sulawesi.

Bicara soal menfaat, Khasiat Ikan Gindara bagi tubuh, yaitu:

  • Mengandung Omega 9 tinggi yang mampu menurunkan kadar kolesterol sehingga cocok bagi yang sedang diet.
  • Dapat mencairkan dan mengurangi lemak, lalu dikeluarkan melalui kotoran. Efek dapat bisa dirasakan saat buang air besar karena banyak minyak yang keluar. Jadi bagus untuk melancarkan penceranaan dan bagi yang sedang mengalami konstipasi.
  • Kandungan minyak ikan di Ikan Gindara baik untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terkena penyakit, memberikan perlindungan dari kangker, dan membantu mempercepat penyembuhn dari penyakit tifus dan demam berdarah.
  • Selain ikan Bandeng dan Salmon, Ikan Gindara merupakan makanan yang bisa bikin pintar. Kandungan DNA / asam lemaknya gandanya tinggi sebesar 1,98% dari total berat ikan, sehingga bermanfaat untuk perkembangan otak dan pertumbuhan anak, serta baik untuk ibu hamil karena membantu perkembangan otak janin saat di kandungan.

Kata ibu, ikan Gindara jarang ada dipasar-pasar becek, Ikan ini agak setipe sama ikan Salmon, jadi Ikan Gindara bisa diperoleh di supermarket. Ibu menyuruh saya membeli ikan in di Indoguna (market khusus jual daging & ikan, yang berlokasi di bilangan Jakarta Selatan, di sekitar jalan Santa). Belum sempet ke Indoguna, eh pas lg beli buah di Total Buah, saya menemukan ikan yang fenomenal ini, hehe. Tadaaaa….

Ikan Gindara

Ikan Gindara bisa dimasak dengan berbagai cara, bisa dibakar, diungkep dengan bumbu-bumbu ikan sederhana, disajikan dengan saus teriyaki, atau dibuat gulai kuah kuning.

Jika mau yang langsung Hap!! Menu Ikan Gindara dapat ditemukan di Andakar Steak, belum lama saya memilih menu itu, dengan harga Rp 65.000 , saya sudah mendapatkan 1 porsi steak Ikan Gindara ukuran besar. Kalau buat saya sih terlalu banyak.

Baca juga  Cari Tempat Makan di Kokas