Salah satu hal yang menonjol dari Rayan adalah dia mudah happy (mudah juga nangisnya, hehe, agak perasa memang). Habis nangis, lalu kembali happy, apalagi setiap kami memutarkan lagu favoritnya, langsung saja dia jejingkrakan atau minimal manggut-manggut kepala sambil senyam-senyum.

Rayan lebih senang lagi kalau saya dan abang ikut menari bersamanya. Seketika senyumnya langsung merekah.

Kami cukup sering memutarkan lagu dari sountrack film favoritnya. Biasanya lagu-lagu yang agak nge-beat, dan bikin semangat. Bikin kami nge-dance.

Ternyata bukan tanpa sebab lagu-lagu itu mempengaruhi kami. Bukan hanya karena lagunya ngebeat atau musiknya yang kencang, tapi lirik-liriknya juga membawa pesan pantang menyerah. Meskipun Rayan belum mengerti arti lirik, bahkan berbicara pun masih belum lancar, tapi saya rasa semangat dari lagu itu sampai ke Rayan, somehow. Bikin dia jadi happy.

Buat kamu yang lagi galau, merasa gagal dan nggak berdaya, barangkali lagu dari soundtrack film kartun favoritnya Rayan ini bisa bantu balikin lagi semangatmu. Membantumu melewati masa-masa sulit. Because, sometimes, it works for me.

Get Back Up Again – Trolls

Karakter Princess Poppy dalam film Trolls memang digambarkan sebagai troll yang pantang menyerah dan optimis. Poppy selalu memikirkan hal-hal positive, dan berprilaku yang menyenangkan. Meskipun jatuh bangun dan banyak rintangan yang harus ia lewati untuk menyelamatkan teman-temannya dari Bergens yang menakutkan, Poppy tetap tidak pantang menyerah.

Lagu ini dinyayikan oleh Anna Kendrick dengan tempo yang cepat, fun, energik dan sedikit teatrikal (secara Anna Kendrick kan). Klipnya juga lucu.

Reff :

Hey!
I’m not giving up today
There’s nothing getting in my way
And if you knock knock me over
I will get back up again
Oh!
If something goes a little wrong
Well you can go ahead and bring it on
‘Cause if you knock knock me over, I will get back up again

Try Everything – Zootopia

Semangat Judy hopps, seekor kelinci desa, untuk menggapai impiannya memang pantut diancungi jempol. Pun setelah ia berhasil meraih mimpinya menjadi polisi, ia masih saja mendapat perlakuan tidak menyenangkan karena stereotype yang berkembang di lingkungannya bahwa seekor kelinci tidak seharusnya menjadi polisi. Namun Judy tidak begitu saja menyerah, ia justri bersemangat ingin membuktikan bahwa siapapun di Zootopia bisa menjadi apapun yang mereka inginkan.

Baca juga  Dengerin Musik Favorit Kamu di Spotify

Try Everything dinyayikan oleh Shakira. Warna suaranya yang khas membuat siapapun yang mendengar ingin ikut bernyayi, minimal goyang-goyang bahu atau kaki.

[Verse]

I messed up tonight
I lost another fight
I still mess up but I’ll just start again
I keep falling down
I keep on hitting the ground
I always get up now to see what’s next

Birds don’t just fly
They fall down and get up
Nobody learns without getting it wrong

 

I won’t give up, no I won’t give in
Till I reach the end
And then I’ll start again
No I won’t leave
I wanna try everything
I wanna try even though I could fail

I’m Still Standing – Sing

Dalam film Sing, lagu ini dibawakan oleh seekor Gorilla yang bernama Johnny. Johnny adalah seorang anak mafia dan diharapkan dapat mengikuti jejak ayah juga saudara-saudaranya. Akan tetapi, keinginan Johnny adalah menjadi penyanyi. Sampai pada akhirnya, Ayahnya tau bahwa Johnny diam-diam mengikuti kompetisi menyayi Buster Moon, dan menyebabkan ayahnya harus masuk penjara. Johnny semakin dilema apakah ia memilih menyanyi atau mengikuti jejak ayahnya.

Lagu I’m Still Standing dibawakan dengan musik yang agak ngebeat, dan Jazzy. Agak kaget waktu tau pengisi suara Johnny adalah Taron Egerton, pemeran Eggsy di film Kingsman. Pantesan suaranya British-british gitu. Bisa nyayi juga toh mas Eggsy, bagus pula suara. Cakep!

[Verse]
And did you think this fool could never win?
Well look at me, I’m coming back again
I got a taste of love in a simple way
And if you need to know while I’m still standing you just fade away

[Chorus]
And don’t you know I’m still standing better than I ever did?
Looking like a true survivor, feeling like a little kid
And I’m still standing after all this time
Picking up the pieces of my life without you on my mind

I’m still standing, yeah, yeah, yeah
I’m still standing, yeah, yeah, yeah

Don’t you worry ’bout a thing -Sing

Masih dalam film Sing, kisah Meena juga salah satu yang menginspirasi. Meena, seekor gajah yang memiliki masalah kurang percaya diri. Meskipun ia memiliki bakat menyayi yang luar biasa, tapi ia sering kali demam panggung. Untungnya Meena mendapat dukungan dari seluruh anggota keluarga dan kerabatnya. Tantangan bagi Meena adalah mengalahkan rasa takut dirinya sendiri. Lagu ini seolah penanda bahwa Meena telah berhasil mengalahkan rasa takutnya.

Baca juga  Nostalgia Lagu-lagu Cinta Lea Salonga

Kisah yang menginspirasi juga datang dari pengisi suara Meena yang adalah Tori Kelly. Meskipun sempat di tolak oleh Simon Cowell saat audisi American Idol, namun itu tidak mematahkan semangat Tori untuk mengejar impiannya. Go Tori!!

[Verse]
And did you think this fool could never win?
Well look at me, I’m coming back again
I got a taste of love in a simple way
And if you need to know while I’m still standing you just fade away

[Chorus]
And don’t you know I’m still standing better than I ever did?
Looking like a true survivor, feeling like a little kid
And I’m still standing after all this time
Picking up the pieces of my life without you on my mind

I’m still standing, yeah, yeah, yeah
I’m still standing, yeah, yeah, yeah

Better When I’m Dancin – The peanut

Sountrack dari film The Peanut ini memang benar-benar membuat kita ingin dancing. Sejenak melupakan segala permasalahan. Bahwa segala yang bikin galau itu obatnya gampang dan murah, yaitu move your body and dance. Memang tidak akan membuat masalah kita hilang seketika, namun setidaknya membuat kita merasa lebih baik dan siap untuk kembali bangkit, menghadapi apapun masalahnya.

Lagu yang dinyayikan Meghan Trainor ini tepat banget buat naikin semangatmu. Favorit-nya Rayan juga.

[Verse]

Show the world you’ve got that fire (fire)
Feel the rhythm getting louder
Show the room what you can do
Prove to them you got the moves
I don’t know about you,

[Chorus]

But I feel better when I’m dancing, yeah, yeah
Better when I’m dancing, yeah, yeah
And we can do this together
I bet you feel better when you’re dancing, yeah, yeah

Idem juga sama lagu Can’t Stop The Feeling – Justin Timberlake yang menjadi salah satu soundtrack film Trolls. Bikin hati happy.

Baca juga  Random Christmas List - A Christmas gift for you

Saya hanya ingin mengajarkan Rayan supaya kelak menjadi orang yang kuat dan pantang menyerah. Dengan memutar sountrack film yang Rayan sukai sambil mengajak dia bernyayi dan berdansa, semoga saja pesan, energi, dan semangat lagu itu dapat tersampaikan. Membuatnya jadi anak yang kuat.

(Pesan untuk Rayan)

Di dunia ini memungkinkan sekali hal-hal tidak berjalan seperti yang direncanakan, yang diharapkan, Rayan harus bisa bangkit. Jika suatu saat Rayan terjatuh, tak peduli seberapa dalam dan seringnya terjatuh, Rayan harus bisa membantu diri sendiri, harus bisa menyemangati diri sendiri.

Tentu saja selama ibu ada, ibu akan menjadi supporter utama Rayan yang ada di barisan paling depan.

Kadang hal sepele pun bisa bikin kita jatuh, kalau tidak pintar-pintar menjaga hati. Tak heran di dunia yang semakin rumit ini, ada orang yang mudah tersulut amarah, mudah menyerah bahkan memutuskan mengakhiri hidupnya karena tidak tahan menghadapi keadaan yang menghimpitnya.

Kedepannya, persaingan semakin ketat, rintangan semakin besar. Yang bertahan adalah mereka yang pintar menjaga hati dan emosi.

Kita sama-sama tau, mengalah bukan berarti kalah.
Tidak sedangkal itu. Mengalah dan menyerah adalah dua hal yang berbeda.

Kasih harus banyak-banyak diberi pupuk. Biarkan Kasih memenuhi diri kita. Karena Kasih adalah obat. Obat dari penyakit hati. Kasih pula yang bantu mengangkat sedalam apapun kita terjatuh.

Dan pada akhirnya, setelah jatuh bangun, dengan bangga kita bisa berkata ‘I’m still standing’. 

Kemudian kita bisa merasakan nikmatnya berdansa bersama hujan.