Senangnyaaaa..udara Jakarta pagi hari belakangan ini sejuk-sejuk mendung kayak di puncak, rasanya saya pingin nulis diluar rumah soalnya adem, membiarkan angin menyapu rambut saya, trus tidur, zzzzzz, gak jadi nulis. Jangan dong ah, saya lagi kejar deadline nih dari kemarin, keingetan mbak Susiiiii muluk 😀

Mbak Susiiii…aku padamu!!! Mbak Susi mengingatkan saya akan sosok seorang Ibu yang tangguh. Mbak Susi menyebut dirinya WAHM atau Working at Home Mom atau Ibu bekerja di rumah, sama dong mbak. Tos!! Dan siapa bilang ibu bekerja di rumah itu membosankan? BIG NO. Lihat saja mbak Susi, walaupun seorang working at home mom tapi beliau memiliki segudang aktivitas yang menarik.

Tinggal di kota kecil Jepara nggak membuat Ibu dari dua anak ini kecil hati, justru Mbak Susi sangat bangga dan melihat banyak peluang untuk berkembang, baik secara personal maupun berbakti untuk kota-ya. Mbak Susi melalui blognya susindra.com membagi pengalamannya akan berbagai hal. Nama blog-nya mbak Susi adalah akronim dari namanya dan nama suaminya loh, Susi + Indra = susindra.com, katanya tanda penyatuan hati..uhuuyyy so sweet ya!!! Biar selalu inget sama suami disela-sela aktivitasnya ya mbak??.

Mbak Susi dan keluarga

Mbak Susi dan keluarga

Betewe, saya juga punya loh website gabungan sama suami,uhuuuk, namanya vantiag.us hehe, tapi itu isinya bukan artikel, penasaraaan??? penasaran banget atau penasaran aja?? Hihihi. Jadi itu sebenernya undangan pernikahan kami. Waktu itu si abang memang udah berencana pingin bikin website pernikahan sekaligus unjuk kebolehan sebagai programmer pro. Dan bener aja, setelah itu kami dapet order dari temannya dan somehow ada orang India yang tau, kemudian mengubungi untuk dibuatkan website yang serupa. Mayan..mayan!

Baca juga  Belajar Parenting : Sebuah Proses Trial and Error Hingga Harus Tega Dalam Mengasuh Anak

Loh kok, jadi ngomongin saya, balik lagi ke mbak Susi. Dari membaca blognya, saya melihat bahwa mbak Susi adalah sosok ibu yang terus ingin memperkaya dirinya dengan berbagai hal, dengan buku, film, kerajinan tangan, dan bergabung komunitas ini itu. Bukan bergabung aja, mbak Susi juga founder Blogger Jepara, dan aktif di komunitas Institut Ibu Profesional Jepara, Akademi Menulis Jepara, Forum Lintas Komunitas Jepara, Padat Karya – Komunitas Penjahit, aktivitas sosial gerakan pungut sampah dan juga sebagai admin Warung Blogger. Gileee… WeOwe banget kan Mbak Susi!!!!!!!!! Setiap minggu-nya Mbak Susi secara rutin dan sudah terjadwal mengadakan pertemuan bersama komunitas-nya. Warbiasa!!

Tebukti banget bahwa Working at Home Mom sama sekali nggak membosankan, Catet!!! Selain bisa leluasa punya waktu dengan buah hati, WAHM juga bisa memiliki aktivitas yang gak terbatas! Yang terpenting adalah ketika bosan melanda, cari aktivitas yang bisa memperkaya diri, terlebih bisa bermanfaat untuk orang lain, seperti Mbak Susi.

Saya jadi ingat quote mbak Dian Sastro :

Entah akan berkarir atau menjadi ibu rumah tangga,seorang wanita harus berpendidikan tinggi karena ia akan menjadi ibu. Ibu-ibu cerdas akan menghasilkan anak- anak yang cerdas

Entah akan berkarir atau menjadi ibu rumah tangga,seorang wanita harus berpendidikan tinggi karena ia akan menjadi ibu. Ibu-ibu cerdas akan menghasilkan anak- anak yang cerdas

 

Beberapa kali saya bilang ke abang, “Bang aku kerja lagi boleh gak? mau bantuin abang cari duit buat bayar listrik ama pempes-nya Rayan, hehe”

“Nanti dulu deh, abang masi bisa kok, masi cukup. Kamu sama Rayan aja dulu, sama nerusin yang udah dimulai” (yang udah dimulai maksudnya usaha Jahitan Ibu dan beberapa job freelance yang diambil).

Pikir saya iya juga sih, walaupun saya merasa bisa melakukan itu sambil kerja kantoran, akan tetapi, lebih dari itu adalah peran saya sebagai ibunya Rayan. Abang masih membutuhkan saya dirumah mengurus segala kebutuhan Rayan dan rumah tangga. Saya juga menyadari betul bahwa peran ibu bukan perkara membesarkan dan kasih makan anak saja, tapi memberikan pendidikan dan kasih sayang. Pekerjaan yang kadang invisible, hasilnya bukan materi melainkan pribadi anak, menciptakan karakter anak yang baik sebagai penerus.

Baca juga  LDR (Long Distance Relationship) dengan Suami

Saya pun menyadari bahwa nggak sedikit dari para blogger yang adalah Working at Home Mom, seperti mbak Susi ataupun saya. Dan tanpa disadari, menjadi blogger atau bergabung di komunitas, atau melibatkan diri pada beragam aktivitas adalah salah satu usaha para ibu untuk menjadi Ibu yang Cerdas.

Tentu sebagai individu kita memiliki target atas karir atau kegiatan kita, dan sebagai seorang ibu pencapaian apalagi yang lebih baik dari melihat anak tumbuh dengan pribadi yang baik, berbudi pekerti serta cerdas. Dalam blog-nya mbak Susi menceritakan bahwa ia kerapkali mengajak anak-anaknya dalam kegiatan komunitas, “Sejauh ini, anak-anak have fun mengikuti komunitas saya. Semoga mereka kelak jadi pribadi yang ramah dan pandai berorganisasi. Aamiin”, mungkin ini adalah salah satu strategi mendidik anak ala mbak Susi dengan mengenalkan anak-anaknya pada komunitas. Bukan hanya melibatkan anak, suaminya pun ia ajak. Memang harus begitu, biar sama-sama tau aktivitas masing-masing, saling support.

Cakrawala Susindra. Susindra.com

Cakrawala Susindra. Susindra.com

Bagi working at home mom yang dilanda kebosanan, memang harus pintar-pintar cari kegiatan untuk memperkaya diri, tapi tetap utamakan anak 😀 Beberapa kali saya dan suami juga putar otak, apa lagi yah yang bisa dimaksimalkan, yang bisa dibikin usaha?? Kata Suami buat investasi masa depan, kalau seumpama udah bosan jadi pegawai. Gimana menurut kalian, usaha bareng sama suami itu yay or nay?? 😀

Yap balik lagi, hehe, begitulah sosok mbak Susi yang tak pernah lelah memperkaya diri, sepertinya belau juga sosok yang tidak mudah berpuas diri, selalu berkarya. Saya baru saja mengetahui bahwa selain susindra.com, mbak Susi memiliki blog lainnya, yaitu Handmade Susindra, Jepara on Blog dan Sinopsis Film. Wouuwoo produktif sekali ya ibu satu ini. Makin kagum, pingin kayak gitu mbak…tapi bikin apa ya? 😀 saya jadi kepikiran mau buat blog Jahitan Ibu 😀

Baca juga  Cara (Nggak Instan) Menambah Follower

Satu lagi, Mbak Susi ini pe-review yang baik. Saking asiknya membaca beberapa review film-nya mbak Susi, saya jadi lupa nge-review mbak Susi-nya, hehe. Jadi pingin nonton film yang di review mbak Susi. 😀 Gak heran deh kalau setiap kali nge-review anggota Blogger Perempuan yang menang arisan sampai detail sekali, lengkaaap, kompliiit, TOPBGT!!

Dari  Mbak Susi, saya belajar pelan-pelan untuk menjadi Working at Home Mom yang produktif, Cemunguuutthh!!!