Scorpio season is here!!! Happy Birthday Para Scorpio!!!

Udah lama saya ingin menulis sesuatu tentang Rasi bintang ini, nggak lain nggak bukan karena saya seorang Scorpio dan saya bangga!! Kami bangga, tapi kami tak menggebu-gebu, karena kami misterius dan menghanyutkan, hahaha.

Saya sedang mencari cara bagaimana menulis tentang Scorpio tanpa terkesan seperti ramalan bintang dan website portal yang menjelaskan tentang karakter zodiac, kemudian saya menemukan buku Kisah-kisah orang Scorpio karya Ayu Utami dkk. Menarik.

Di belakang cover buku dituliskan, buku ini sebagai ‘hadiah untuk menemukan karakter dan dorongan, kekuatan dan kerentanan para kalajengking’, so saat membaca buku ini saya terbuka sekali, barangkali ada hal-hal tentang Scorpio, tentang diri saya ,yang tidak saya sadari atau bahkan semakin menggali ke-Scorpio-an yang ada dalam diri saya.

Buku ini berisi sekumpulan kisah pendek para Scorpio yang ditulis oleh beberapa penulis, baik yang sama-sama berbintang Scorpio maupun bukan Scorpio, ini menarik karena menunjukan bagaimana mereka yang bukan Scorpio melihat Scorpio. Meskipun ditulis dalam format kisah pendek namun pada beberapa kisah pendek menunjukan keterkaitan tokoh dan konten, hanya saja dari sudut pandang dan cerita yang berbeda. (Ps. Kalau di film mungkin disebutnya spin off, karena masih di frame yang sama tapi menceritakan kisah menarik lainnya yang berbeda, contohnya film Fantastic Beast yang merupakan spin off dari Harry Potter)

Dalam setiap kisah secara halus menampilkan sifat-sifat seorang Scorpio yang terkenal misterius, keras kepala, romantis, penuh hasrat dan pesona, namun setia juga idealis. Selain itu, memberikan gambaran bagaimana seorang Scorpio berlaku, beraksi dan bereaksi bahkan seringkali bergelut dengan diri mereka sendiri, mungkin sesekali saya membandingkan dengan diri saya atau teman saya yang juga seorang Scorpio. Hihihi…

Intermezo sedikit, kadang saya suka berimajinasi kenapa sifat-sifat tertentu, seperti misterius, dan romantis sangat melekat dengan Scorpio?? Kalau misterius mungkin karena zodiac kami berada dibawah naungan planet Pluto, sebuah planet yang sangat jauh dengan tata surya, yang paling sulit terjamah, menandakan kami seorang yang keras kepala, misterius, dan indah hehe. Kemudian terpikirkan juga oleh saya kenapa Scorpio itu romantis? mungkin karena kebanyakan Scorpio ‘dibuat’ dibulan Februari, ada hari Kasih Sayang yang berjarak kurang lebih 9 bulan dari akhir bulan Oktober dan November, jadi nggak heran kalau kami penuh cinta, romantis dan berhasrat. Hahahaha. Kesimpulan macam apa ini!!!!!

Kisah Orang-Orang Scorpio 

Scorpio punya mata ketiga pada hal yang menakutkan : Kematian. Ini membuat ia punya sikap spiritual, bahkan sekalipun ia sangat menghargai kenikmatan duniawi. Scorpio terikat pada titik yang mempertautkan eros dan thanatos, cinta-birahi dan maut. Ia pun menjadi misterius. Maut juga berarti komitmen tanpa syarat. Scorpio pun cenderung setia dan terlibat. Wajah lain dorongan yang sama : cemburu dan pendendam.

Penulis Ayu Utami, Anugrah Ratri K.W, Dias Novita Wuri, Feuerblume, Marsha Habib, Sitta Taqwim, Syakieb Sungkar, Theresia Suganda
Tahun 2013
Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) bekerjasama dengan komunitas Salihara
Hal 214

Review

Sebelumnya saya ingin memuji kepiawaian Ayu Utami dkk menjahit setiap kisah pendek dalam buku ini. Terlihat sangat apik, konsisten, bukan seperti cerita pendek biasanya namun sangat dapat dipahami, tanpa melupakan ‘kejutan-kejutan’ di setiap kisah. Dari situ saja sudah tercermin pribadi seorang Scorpio yang tidak mudah ditebak, misterius dan berkesan.

Contohnya seperti kisah Syakieb yang tak berhenti sampai di satu kisah. Ayu dkk juga mengenalkan setiap tokoh lebih mendalam, dengan mengubah sudut pandang. Contohnya saja tokoh Inggar, Novina, Shaula, dan Nyonya Dewi yang diberikan kisah tersendiri, padahal sebelumnya hanya menjadi bagian dari kisah tokoh lain. Hal ini juga terkesan sangat dalam, menceriminkan Scorpio yang dalam, terlibat, holistik alias menyeluruh, bukan dangkal.

Baca juga  Review : Film Pendekar Tongkat Emas

Sebenarnya nggak enak ya memuji zodiac sendiri, hahaha… tapi saya harus mengakui kalau buku ini diciptakan oleh mereka (para Scorpio dan juga yang bukan Scorpio) yang cerdas. Sehingga output-nya bukan hanya buku yang menarik untuk dibaca tapi juga penggambaran karakter Scorpio yang menyeluruh.

Mungkin saat membacanya akan ada ‘penyetujuan dan penyangkalan’ dari kalian yang sama-sama Scorpio maupun yang bukan Scorpio. “Ini Scorpio banget”, “Ah, gw gak gini-gini amat” atau “Temen gw Scorpio, tapi gak gini”. Bisa..bisa… semua bisa saja dan memang gak harus seperti itu, tapi menurut saya buku ini cukup piawai menampilkan kecenderungan karakter orang-orang Scorpio.

Menyelami Si Scorpio

Buku ini saya review ditambah dengan bumbu-bumbu pengalaman saya, tak ada maksud lain. Sekedar ingin berbagi. Mungkin akan berguna bagi para Scorpio ataupun mereka selain Scorpio yang sedang berhubungan dengan para Scorpio, barangkali saudara, pacar, teman, musuh sekalipun. Jangan terlalu serius, ambil yang baik-baiknya 😀 Semoga bermanfaat.

Rahasia ya rahasia…

“Ia senang memiliki rahasia. Mungkin hanya dengan sang istri ia merasa tak punya rahasia; dan itu pun tidak betul”. Hal.1-2

Memiliki rahasia itu memang menyenangkan bagi kami para Scorpio, kamiii???? Saya kali, iya saya senang memiliki rahasia, itu membuat saya sedikit misterius dan membuat penasaran. Tapi tidak dengan si abang suami, terpikir juga, rahasia apa ya yang tidak saya bagikan ke suami, kayaknya segalanya udah saya bagikan, tapi hmmmm.. who knows deng, hehe wong Katnis Everdeen aja yang katanya I’m an open book masih bikin semua orang penasaran, eh tau-tau memberontak ke Capitol. Luar biasa si Katniss, Hehehe.

Si Kalajengking yang Kelam dan Berbisa 

  • “Orang bilang cewek kalajengking ada yang berlagak sangat rentan seperti seorang Pisces, ada yang bermulut tajam. Hal.32. Shaulalah yang Pisces sejati. Novina menyamar sebagai si ikan, atau si burung dara. Inggar Kalajengking dengan mulut berbisa. Anita menampilkan sisi misterius Scorpio sempurna.” Hal.33

  • “Mereka sama-sama scorpio. Hanya saja ada yang menahan mulut ada yang tidak.” Hal.37

Dari penggalan kalimat diatas, saya sepertinya hanya memiliki 70-80% karakter Scorpio, mungkin seperti Novina yang sedang menyamar sebagai ikan atau burung dara, kalau saya jadi apa?? Entah. Kita bisa menyamar sebagai apa saja kok asal membuat hati kita lebih baik. Kalau nggak membuat hati kita lebih baik ngapain dilakukan. Bukan berarti menjadi orang lain dan tidak menjadi diri sendiri loh, bukan itu poinnya.  Semisal kita terlahir Scorpio tapi bisa kok kita mengadopsi sifat-sifat Virgo yang cenderung rapi dan teratur atau menyaru sebagai Cancer atau apa saja asal membuat hati kita lebih nyaman.

Salah satu sifat yang menjadi sterotype orang Scorpio adalah pendendam. Hmmm,  kesannya kami ular berbisa banget yak.  Mungkin sifat pendendam ada juga pada diri saya atau bahkan pada diri setiap orang, namun tidak saya beri pupuk, jadi dia tidak tumbuh subur seperti sifat-sifat lainnya. Kita berhak memilih kok sifat apa yang mau kita kembangkan dan tidak kembangkan. Alasan saya simple, Karma.

“Kalau tidak mau dijahatin, jangan berbuat jahat kepada orang lain. Kalau ingin dihargai, hargai juga orang lain. Kalau ingin ditolong, tolong juga orang lain.”-Saya, hehe.

Kadang balasannya Allah tidak kasih langsung ke kita, tapi bisa ke anak atau ibu atau anggota keluarga kita lainnya. Jadi kalau mau berlaku tidak terpuji pada orang lain pikir-pikir dulu, jangan-jangan nanti Allah kasih balasannya ke ibu atau anak kita. Nggak mau kan??

Baca juga  Keseruan Rayan bermain di Kidzooona | Playground Jakarta

Nggak jarang ada orang-orang yang berlaku menyebalkan dan membuat saya naik darah, rasanya kalau saya punya alasan yang kuat ingin langsung membalas perkataan dia, membuatnya bungkam dan jera. Yang jelas tidak main fisik, paling anti dengan tindak kekerasan. Tapi kadang saya urungkan niat untuk membalas perkataan buruk orang tersebut kepada saya, karena itu tidak akan membuat hati saya lebih baik. Ujung-ujungnya malah menyesal. Tapi kadang capek juga terus-terusan menjaga perasaan orang, orang ybs malah berlaku sebaliknya. Kalau sudah terlalu sering, baiknya disentil sedikit biar gak diulangi ke orang lain. Toh, maksudnya baik.

Sifat pendendam memang memiliki konotasi buruk, tapi bisa juga dimaknai positif. Dendam bisa muncul dari rasa marah, kecewa, kesal mungkin karena diremehkan sehingga ingin membalas kepada orang ybs. Dendam bersifat positif bisa dilakukan dengan membuktikan kepada orang yang telah meremehkanmu, bahwa kamu bisa menjadi seseorang kelak.

Kalau saya pribadi sih males dendam-dendaman sama orang, sampe gara-gara tu orang kita pingin membuktikan sesuatu, GR banget tu orang, bisa besar kepala dia, wkwkwk. Tenang aja nggak ada yang saya dendamin kok, haha. Semoga aja gak ada yang dendam sama saya, kalau saya suka cuek dan ngomong pedes, maapin yaaak!!! Yang lebih penting bagi saya adalah bisa membuktikan pada diri sendiri, kalau saya bisa melampaui keterbatasan saya. I’m on my way.

Hikmah yang dapat diambil : Sekalipun itu berkonotasi buruk, tetap suggesti-kan nilai-nilai yang positif. Sehingga jalanmu dilancarkan dan diridhoi. Aseeeek..eh Amiin harusnya 😀

Woooo... what do you think? I think I can deal with it.

Woooo… what do you think? 

Keras Kepala Tapi Tidak Semena-mena

Kamu Scorpio, kan? Orang-orang Scorpio keras kepala sehingga pasti ia melakukan sesuatu yang melawan.” Tanya Syakieb. “Tapi anak-anak yang melawan semua hal terus-menerus juga menyebalkan.” Sambung Anita. “Mereka jadi seperti teroris, semua salah, kecuali dirinya sendiri!” hal.134-135

Hahaha. Pernah gak sih merasa something so wrong feels so right? Nah, itu dia yang sering dirasakan orang-orang Scorpio sehingga mereka sering berdebat dengan diri mereka sendiri bahkan nekat melakukan atau cuma memikirkan hal-hal yang nggak seharusnya. Rasanya pingin mendobrak system, melakukan sesuatu yang berlawanan, with or without reason. Sepertinya sudah menjadi anak baik-baik, tapi kok rasanya good people don’t think this way ya. Hahaha.

Kisah Syakieb merupakan kisah yang paling menampilkan sisi perlawanan seorang Scorpio. Mulai dari bergumul dengan diri sendiri atas hasrat terlarang, hingga kaum urakan sebuah simbol pemberontakan. Syakieb juga hampir mengkhianati sang Istri. Para Scorpio memang kerap kali dibuat kagum dengan yang mempesona. Kendati begitu Scorpio memiliki kesetiaan yang tinggi, setia terhadap pasangan, juga pada perasaan yang mereka yakini. Scorpio juga seorang yang loyal terhadap sahabat.

Ngomong-ngomong soal perlawanan, gak susah kok mikir perlawanan apa yang pernah saya lakukan, karena memang sering, hehehe. Rahasia. Kalau kata Abang saya orangnya keras kepala dan idealis. Tapi, saya berhati luas kok. Hihihi.

November House

Salah satu yang menjadi favorit saya adalah Kisah November House. Menceritakan tentang kesetiaan dan kerinduan seorang wanita tua kepada pangerannya. Sepintas hanya mendeskripsikan dan menceritakan kenangan-kenangan si wanita tua yang ia lakukan bersama sang suami / pangerannya yang lebih dulu meninggalkannya di setiap sudut rumah, namun terasa sangat dalam. Mungkin karena salah satu cita-cita saya adalah menua bersama pasangan hidup, jadi ini terasa begitu dalam. Di hari tua nanti kami tidak ingin membebani anak-anak kami, kami ingin mandiri.

“Dalam sepi ini juga aku dapat merasakan kehadiran Amadeusku. Entah mengapa semenjak kepergiannya, aku merasa  seluruh molekul tubuhnya berurai menjadi atom-atom yang bersatu dengan setiap inci rumah ini. Bagai mata yang teduh memandangiku, membuatku merasa aman hingga aku terbangun pagi esok harinya dan hari berikutnya.” Hal.93-94

Sepenggal kata berkesan

  • Mengapa sepotong bagian belakang manusia bisa bicara atas dirinya sisinya sendiri. Mengapa ada bentuk-bentuk demikian mengundang untuk didekap? Hal.11
  • Dan seorang pria baik-baik telah mengambil langkah pertama kepada bahaya. Seorang suami mulai punya rahasia terhadap istrinya. Hal.20
  • Kau barangkali belum mecicipi rasanya beranjak tua. Ada kesedihan disana, yang diam-diam kau coba tutupi. Hal.194
Baca juga  [Review] Sabtu Bersama Bapak by Adhitya Mulya

Nice to know

  • … tokoh-tokoh Scorpio yang disebut secara Acak : Voltaire, Trotsky, Dostoyevsky, Albert Camus, Mikhail Bakhtin, Roland Barthes, Picasso, Rodin, Marie Curie, Christophorus Colombus, Nehru, Indira Gandhi, Pangeran Charles, Diego Maradona, Edward Said, Martin Scorsese, Bjork. Hal.8
  • Seorang pria Scorpio tak suka menunjukan kerentanannya pada dunia, sedangkan perempuan Scorpio tak suka menunjukan kekuatannya pada dunia. Ia adalah seorang suami dan ayah yang menjaga martabat keluarga. Ia orang yang setia. Hal.9
  • Batu Topas. Batu para scorpio. Batu yang kalem, tidak nyalang. Kecoklatan seperti batang, berkilau kuning seperti getah, dalam seperti danau. Ia misteri yang bersembunyi di bawah air, tapi tetap rahasia. Hal.15
  • Kita sama-sama seekor kalajengking yang lahir di bawah pengaruh Pluto, yang terletak begitu jauh dari tata surya hingga tak seorang pun sadar akan keberadaannya sampai tahun 1930. Diselimuti kabut dan bergerak di tata surya dengan orbit yang tidak semestinya, disalahpahami sebagai planet ke sembilan selama bertahun-tahun. Orang-orang tak pernah begitu memahami Pluto. Hal.29
  • Scorpio pekerja kerjas yang brilian, menyenangi tempat kerja yang tenang dan bebas gangguan. Secara temperamen, mereka tidak cocok dengan pekerjaan yang mengharuskan mereka ada di depan publik. Scorpio termotivasi untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin dan meraih repuasi yang baik, serta membuktikan diri mereka terbaik. Karir yang sesuai untuk scorpio : Detektif, psikiater, peneliti, ahli bedah, ahli hipnotis, penagih hutang, terapis seks, dan ….pembalsem mayat??? Hal. 40-41
  • Scorpio itu beda-beda. Yang bulan oktober cenderung lebih ramah dan suka ngumpul-ngumpul. Tapi kalau yang bulan November itu biasanya lebih judes. Hal.161
  • Aku menyesal bahwa tak kujaga betul kesehatanku. Sebuah buku ramalan mengatakan bahwa Scorpio bukanlah manusia yang terlampau sehat. Konon elemennya adalah air. Itu menyebabkan ia tak gampang sembuh jika jatuh sakit. Air menyerap gangguan dan tak mudah mengeluarkan lagi. Kalajengking harus menjaga diri agar jangan sampai sakit. Hal.194

Akhir kata ada banyak cara mengetahui karakter orang, bisa dari sidik sidik jari, golongan darah, shio, latar belakang orang itu sendiri dll. Saya sih percaya kalau zodiaknya bilang yang baik-baik, yang baik-baik-nya aja gitu, yang jelek-jeleknya cukup tau aja, jangan terlalu dihayati, hehehhe. Untuk buku ini sendiri saya beri nilai 4/5. 🙂

Bonus.