Beberapa hari setelah premiere film Star Wars : The Force Awakens / Star Wars ke-VII di Indonesia, saya diundang nonton film Star Wars oleh Citoku, yang mana berarti ini kali ke-2 nya saya #NontonBarengCitoku. Nobar pertamanya waktu nonton Mad Max : Fury Road yang sukses bikin saya degdegserr. Biasanya kalo ada undangan nonton gini, saya ajak abang suami, tapi karena bertepatan sama hari kerja jadi gak bisa ikut deh dia. Padahal dia yang pingin banget nonton Star Wars, hehe *aku duluan ya bang. Berhubung mertua dan adik ipar juga lagi main ke Jakarta akhirnya saya ajak ipar saya saja, sekalian ngajakin jalan-jalan. Dedek Rayan juga udah saya tinggalin botol 😀

Jadi, event #NontonBarengCitoku ini udah rutin diadain beberapa bulan sekali, kali ini lokasinya di Blitzmegaplex Pacific Place, dihadiri oleh para blogger, pemenang kuis dan komunitas pecinta film. Mau ngucapin makasih dulu ah buat Citoku 😀

Setelah nonton dan keluar bioskop, saya bisa berbangga diri “Akhirnya saya ngerti cerita Star Wars :D”, hahaha. Dan, tentunya ini beruntut pada keinginan saya untuk movie marathon film Star Wars 😀 sebelum lebih lanjut lagi, yuk sinopsis dulu yuk.

Sinopsis

star-warsStar Wars : The Force Awakens

Genre : Action, Adventure, Sci-fi

Sutradara : J.J Abrams

Produksi : Lucasfilm, Walt Disney Studios

Durasi : 2 jam 15 menit

Tanggal Tayang : 18 Desember 2015

Pemain : Daisy Ridley, John Boyega, Adam Driver, Harrison Ford, Carrie Fisher

Rey (Daisy Ridley), seorang gadis tangguh penjual besi rongsokan yang hidup di padang gurun / planet Jakku, menemukan droid BB 8 yang terdampar tanpa pemiliknya.

Sementara itu di markas Dark Side, Finn (John Boyega) merasa bahwa menjadi prajurit Stormtrooper bukanlah hal terpuji dan ingin beralih ke kubu baik. Bersama dengan Poe (Oscar Isaac), seorang tahanan Kylo Ren (Adam Driver), mereka berhasil melarikan diri dari kejaran prajurit stormtrooper dan keluar dari planet the dark side itu.

Namun, sebelum terlalu jauh Poe ingin mencari droid-nya yang hilang di padang gurun, Jakku. Sayangnya pendaratan mereka tidak berjalan dengan mulus, dan pesawat mereka jatuh. Finn berhasil selamat dari ledakan, sedangkan Poe tidak.

Baca juga  Bukber bareng Anak Yatim Piatu dan Anak Jalanan dalam Kegiatan #Kili2DayCare

Seorang diri Finn berusaha menyelamatkan diri, lalu ia bertemu dengan Rey yang membawa droid kepunyaan Poe. Sialnya, dengan mudah prajurit stormtrooper bisa menemukan keberadaan mereka dan mulailah aksi kejar kejaran di luar angkasa. Rey dan Finn bekerjasama untuk melarikan diri.

Rey, Finn, Droid dan BB8

Rey, Finn, dan Droid BB8

Bukan tanpa sebab Kylo Ren,  seorang pengikut Dark Vader sekaligus pemimpin dalam pertempuran melawan sisi terang, memburu mereka. Rupanya Poe menyembunyikan peta rahasia lokasi Luke di dalam droid BB 8 nya. Begitulah awal dari petualangan Rey dan Finn dalam melakukan perlawanan.

Diceritakan pula ketika Rey dan Finn bertemu dengan Han Solo dan Leia. Sementara itu di pihak dark side, Kylo Ren mengalami konflik dengan dirinya sendiri. Seolah tarik menarik antara sisi gelap dan terang. Walaupun dominan berada di dark side, namun ia masih merasakan tarikan dari sisi kebaikan. Ini juga menjadi salah satu konflik yang ditawarkan dalam film Star Wars : The Force Awakens, yang nantinya berujung pada pertarungan pedang biru dan merah (sisi terang dan gelap).

Gimana? Udah mulai tertarik belum?

Star Wars : The Force Awakens

Review

Karena awalnya saya awam banget soal film Star Wars, jadi se- jam sebelum nonton, saya menyempatkan diri buat searching2 jalan cerita Star Wars di transjakarta. Ups. Ternyata baca kilat alur cerita Star Wars dari 1-6 di transjakarta bikin mata saya berkunang-kunang. Dan, itupun belum sukses bikin saya ngerti, huhuhu cuma bisa komen, ” Ini film diawang2 banget yak” *tolong dimaklumi si awam ini. Walau bagaimana pun, film adalah karya seni. Kalau kata Joni di film Janji Joni, “Film adalah anugerah seni terbesar yang pernah dimiliki umat manusia”.

Lanjut lagi, setelah membaca ribuan kata yang menceritakan film Star Wars, kemudian saya menemukan penjelasan singkat inti dari Star Wars yaitu Kejahatan (dark side) melawan kebaikan (light side). Okeh saya kunci pernyataan tersebut. Dengan bermodal statement ‘kejahatan malawan kebaikan’, lalu saya melangkah percaya diri menuju bioskop. 😀

Baca juga  Nostalgia The Hunger Games

Setelah selesai nonton film Star Wars saya bisa bilang :

  1. Film pertarungan antar galaxy satu ini kereeen!!! Kita dibuat percaya bahwa kita bisa loh traveling antar planet. Lalu melihat semesta yang begitu luas, saya jadi merasa kecil, cuma butiran debu 😀 Scene pertamanya saja sudah dikasih liat padang gurun yang luas, lalu pindah lagi ke planet yang hijau asri, lalu pindah lagi bertarung di planet bersalju, enak banget ya kalau di dunia nyata bisa jalan-jalan gitu 🙂 Diceritakan pula bahwa makhluk hidup tidak hanya tinggal di satu planet, mereka menyebar, jenisnya bukan cuma manusia, hewan dan tumbuhan saja tapi banyak mahluk-mahluk lain sejenis alien.

Star-Wars, Jakku

  1. Ternyata gak butuh nonton keseluruhan episode Star Wars buat nonton Star Wars : The Force Awakens. Awalnya saya pikir karakter utama, Rey & Finn, masih ada sangkut pautnya dengan episode Star Wars yang sebelumnya, tapi ternyata karakter Rey dan Finn baru ditayangkan di Star Wars : The Force Awakens. Penonton disuguhkan dengan petualangan baru Rey dan Finn diluar angkasa tanpa melupakan episode Star Wars yang sebelumnya, jadi masih terlihat benang merahnya.Seengaknya setelah nonton, saya jadi tau sedikit mengenai sejarah penjahat tersohor di dunia, Dart Vader, atau Princess Leia dan Hans Solo, sampai film terakhirpun karakter mereka sangat kuat. Adegan munculnya Hans Solo dan Princess Leia tentunya mengobati kerinduan para pecinta Star Wars terhadap karakter-karakter penting yang dulu (pada masanya) pernah mendominasi film Star Wars.
Hans Solo dan Princess Leia

Hans Solo dan Princess Leia

  1. Belum lagi kemunculan Iko Uwais, Yayan Ruhiyan dan Cecep Arif Rahman yang patut ditunggu. Saya masih ingat waktu adegan Iko Uwais keluar, walaupun sekejap tapi mengundang tepuk tangan dari penonton bioskop. Biasanya penonton tuh ketawa, nangis, takut, bahkan di adegan2 action keren pun paling cuma berdecak kagum, nah ini pada tepuk tangan, saya ikutan juga :D. Walaupun bukan fans tapi bangga lah ya ada orang Indonesia yang main di film Hollywood, film fenomenal pula. Dua jempol deh buat bang Iko dkk 🙂Iko Uwais Star Wars
  1. Sebagai seorang yang suka dengan tokoh-tokoh wanita berjiwa warrior dengan karakternya yang tangguh, tegas juga berbelas kasih, menurut saya kemunculan Rey sebagai pemain baru Star Wars sangat sukses dan membuat penonton jatuh cinta. Selain tangguh dan pembawaannya tegas, saya juga suka cara Rey berjalan dan berlari, terlihat tanpa beban, percaya diri dan pijakannya mantap. hahahah.. *lagi nyari kata-kata yang tepat, tapi kata ‘pijakannya mantap’ juga udah oke 😀
Rey diperankan oleh Daisy Ridley membawakan karakter wanita tangguh

Rey diperankan oleh Daisy Ridley membawakan karakter wanita tangguh

  1. Ohya, selain identik dengan luar angkasa, dan galaxy, Star Wars juga identik sama robot-robotnya. Ada si robot lucu droid BB 8, R2D2 dan robot yang menyerupai manusia dengan postur tinggi dan bewarna emas (gak tau namanya). Saya jadi pingin punya robot droid BB 8, lucuuu >,<. Saya juga baru tau kalau Stormtrooper itu ternyata isinya orang, saya pikir robot prajurit, ternyata orang berkostum, weleh2. Selain sering banget liat orang cosplay pake stormtrooper, icon stormtrooper juga sering dijadikan properti atau materi di sitcom-sitcom, seperti di Big bang Theory, dan di How I Met Your Mother.
Baca juga  Maze Runner : Perjuangan Para Glader dalam Labirin Raksasa

how-i-10

Stormtrooper di How I Met Your Mother

Stormtrooper di How I Met Your Mother

Sebagai orang yang baru pertama kali nonton Star Wars, film Star Wars : The Force Awakens ini sangat bisa diterima dan dimengerti dengan baik. Berhasil banget menyatukan penonton setianya dengan penonton baru-nya, kayak saya.

Untuk itu Star Wars : The Force Awakens saya beri nilai 4/5. 🙂

Bagi yang belum nonton, selamat menonton yaahhh!! Biar makin kekinian, hihihi seengaknya tau yang namanya Stormtrooper 😀