Selain makanan dan bahan-bahan makanan, pakaian merupakan salah satu yang paling di buru di bulan Ramadhan, khususnya baju muslim untuk anak. Entah mengapa setiap melihat anak kecil pakai baju koko kesannya jadi tambah lucu, ya kaan? tingkat kelucuan dan kegemasannya jadi bertambah berpuluh kali lipat. aaaaakk. Mungkin karena sehari-hari kita jarang melihat mereka memakai baju koko, pakainya kaos oblong. hihihi.

Tiba-tiba ketika bulan Ramadhan bayi-bayi ini jadi mendadak Islami, yang perempuan memakai baju muslim sepaket dengan hijab atau bergo-nya, sedangkan yang laki-laki memakai baju koko sepaket dengan peci-nya. Aih, lucunyaaaa.

Saya sendiri saja sampai tersihir setiap melihat anak laki-laki saya pakai baju koko. MasyaAllah, lucunya anak ibu, seraya dalam hati mendoakan yang terbaik untuknya. Akan tetapi buibu, sebaiknya dalam memilih baju koko, jangan hanya dilihat dari penampakan luarnya saja. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih baju koko untuk anak anda, sebagai berikut :

Bahan pakaian

Hindari bahan Nilon, karena jenis bahan ini tidak mudah menyerap keringat sehingga akan terasa panas jika dikenakan. Kasihan kan kalau buah hati kita kegerahan, uring-uringan apalagi kalau sedang menempuh perjalanan ke Ciledug, Ciputat pas lebaran, waduuuh cobaannya. Kayaknya meskipun warga Jakarta sudah berkurang lantaran pada mudik, tapi itu tidak berlaku untuk di Ciledug, beeh, hehe. #pentingamatyadibahas

Pilihlah bahan-bahan yang tidak panas dan menyerap keringat, seperti Katun supaya nyaman dikenakan anak ketika sedang bersilaturahmi ke sanak saudara.

Jahitan

Dari segi jahitan, pilihlah baju koko yang membuat anak leluasa dalam bergerak. Tidak terlalu ketat, juga tidak terlalu longgar. Biasanya yang paling rawan adalah di bagian ketiak, beberapa kali menemukan jahitan yang asal dan kurang proposional sehingga membuat dibagian ketiaknya menyempit, atau sebaliknya dibagian ketiak terlalu lebar sehingga menghambat anak dalam bergerak.

Baca juga  Working at Home Mom dengan Segudang Aktivitas

Perhatikan pula jahitan bordir pada pakaian, kadang ada yang bordirannya kasar, sehingga membuat anak risih dan gatal. Ujung-ujungnya, si anak jadi nggak nyaman memakainya. Selain bordir, kerutan karet yang terlalu ketat juga bisa membuat anak risih, gatal dan nggak nyaman dalam bergerak. Jadi perhatikan ya buibu, kerutan ini seringkali ada di pergelangan tangan atau kaki.

Aksesoris

Nah ini nih, yang sering kita pikir unyu-unyu tapi membahayakan. Sering kita temukan pernak pernik, dan payet-payet dalam busana baju muslim anak, sama halnya dengan baju koko. Meskipun terlihat unyu-unyu, tapi harus hati-hati jangan sampai pernak pernik yang warna dan bentuknya menarik perhatian ini ditelan oleh si anak. Ini sangat berbahaya. Kalau dari segi bentuk, bahan, dan ukuran dinilai masih aman untuk anak, ya monggo-monggo saja, apalagi kalau anak sudah cukup mengerti mana yang boleh dan tidak boleh dimakan. Anak juga perlu diberikan penjelasan.

Selera dan Model

Terakhir nih, boleh juga lah buibu pilah-pilih model yang sesuai dengan selera, nggak dilarang. Apalagi jika merencanakan ingin kompakan sekeluarga pas Hari Lebaran. Sebenarnya nggak harus yang kembar atau sama percis model dan motifnya sih, buibu bisa memilih baju yang matching satu sama lain. Jadi nggak harus kembaran, supaya bisa kompakan kaaan??

Saran saya sih mending cari busana untuk ibunya dulu, karena ini yang paling lama dan banyak pertimbangan, hahaha #pengalamanpribadi. Kalau sudah dapat untuk ibunya, baru deh baju koko anak dan suami tinggal menyesuaikan. Hihihi.

Sekarang ini bukan hanya baju muslim untuk anak perempuan saja yang beragam modelnya, baju koko anak terbaru pun sudah sangat bervariasi motif dan modelnya, harganya juga. hihihi. Kadang kalau saya lagi mati gaya, suka iseng-iseng buka mataharimall.com, adaaaa aja yang modelnya bagus dan didiskon pula *tak bisa dipungkiri bahwa saya jeli sama yang diskon-diskon, hehe. Apalagi bulan Ramadhan pasti banyak diskon dan promosi.:D

Baca juga  Bumil pingin ngemil Singkong / Manfaat Singkong

Akhir kata, untuk buah hati yang utama adalah kenyamanan dan keamanan. Jangan sampai pakaian yang anak kita kenakan menghambat perkembangan motoriknya, Pilihlah pakaian yang membuat anak leluasa dalam bergerak.

Selamat menunaikan Ibadah Puasa. 🙂
Belanja boleh, tapi jangan kalap ya buibu, jangan lupa sisakan buat saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga bisa mensucikan. Amiiin.