Beberapa hari lalu saya mendapat undangan bukber / buka puasa bersama dari Kili-Kili Adventure. Kili-kili Adventure adalah salah satu trip organizer di Jakarta yang memiliki tagline “Berangkat gak kenal, pulang jadi sodara”, menarik ya tagline-nya :D. Seolah-olah sebagai trip organizer, Kili-kili tidak hanya ingin membawa peserta travelling pada tujuan destinasi-nya saja, tapi juga ingin memberikan pengalaman yang tak terlupakan saat melakukan perjalanan, seperti pertemanan dan perjalanan itu sendiri.

Di bulan Ramadhan ini, Kili-kili Adventure kembali mengadakan program #Kili2DayCare dalam kegiatan Buka Puasa Bersama 200 Anak Yatim Piatu dan Anak Jalanan di Museum Satria Mandala, Jakarta, dengan tema ‘Kenali lebih jauh bangsamu melalui sejarah’.

Saya sih senang-senang aja diundang bukber apalagi bisa berbagi keceriaan dengan anak-anak yatim piatu, selain itu lokasi dan temanya juga gak umum. Sebagai orang Jakarta, saya jadi malu sendiri karena belum pernah ke Museum Satria Mandala #tutupmukapakepanci . Jadi kesempatan ini gak boleh disia-siakan.

Setelah sampai lokasi di Jalan Gatot Subroto, Kuningan, Jakarta Selatan, saya udah nggak sabar buat keliling-keliling. Sayangnya, saya ketinggalan psa bagian museum tour jadilah saya berkeliling tanpa pemandu, huhuhu

Kokoh pada masanya

Kokoh pada masanya

Musium Satria Mandala

Belajar di Musium Satria Mandala

Musium Satria Mandala

Pesawat Capung. Bahagia itu naik di pundak bapak. 🙂

Musium Satria Mandala

Kembang Melati dan RI Matjan Tutul.

Konsep program #Kili2DayCare sendiri adalah “Berbagi melalui traveling” dengan mengajak #saudaraKili dan relawan yang berminat untuk turut serta secara langsung, dimana kegiatan ini mempunyai unsur traveling dan sosial.

Tema yang diangkat di setiap kegiatan pun beragam, pada event pertama mengusung tema ‘langkah kecil untuk cinta yang besar kepada sesama’ di pondok Pesantre At-Taubah, event kedua ‘mengenal Indonesia lebih dekat’ di TMII, event ketiga ‘save Jakarta with mangrove’ dengan mengajak relawan menanam pohon mangrove agar kelestarian pantai pesisir Jakarta terjaga, event keempat ‘Jambore Kesehatan’ dengan mengunjungi Desa Pasangrahan di Purwakarta, dan yang terakhir adalah  ‘Kenali lebih jauh bangsamu melalui sejarah’ dengan mengadakan buka puasa bersama anak yatim piatu dan anak jalanan.

Baca juga  Rasakan Experience dan Konsep Baru Gramedia Bookstore, Central Park Mall

Melalui program #Kili2DayCare, peserta travelling yang pernah melakukan perjalanan bersama Kili-kili Adventure juga bisa ikut serta kembali dengan menjadi relawan jika berminat. Dari undangan terkumpul 100 relawan dan 215 Anak Yatim dan Anak Jalanan dari Rumah Belajar Erbe, Komuitas peduli Pendidikan Anak Jalanan (Koppaja).

Jadi, sebelum masuk ke acara buka puasa bersama, ada kegiatan Treasure Hunt yang diikuti oleh seluruh peserta bukber. Masing-masing kelompok diharuskan untuk memecahkan teka-teki dengan mengikuti petunjuk. Pokoknya acara-nya serulah, mereka juga diharuskan untuk membuat yel-yel yang seru.

Menjelang buka puasa, kami digiring ke Aula-nya yang adem, ada AC soalnya, hehe. Rayan keliatan amazed banget dikelilingi sama kakak-kakak. 😀  Kayaknya, ini pertama kalinya juga ngajak Rayan ke tempat rame yang banyak anak-anaknya, hihihi. Namanya juga anak-anak sambil dengerin tausiah, ada yang udah keliatan lemes-lemes gak jelas, ada yang masih semangat, ada yang nanya mulu kapan buka puasanya, hahaha ada-ada aja tingkahnya. Setelah buka, energi mereka kembali fit, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang treasure hunt dan menyayikan yel-yel. Seru!!

Bukber di Musium Satria Mandala #Kili2DayCare

Mendengarkan Tausiah sebelum Berbuka

Bukber di Musium Satria Mandala #Kili2DayCare

Ada Bayi ikut bukber 😀

Rayan tetep eksis :D

Rayan tetep eksis 😀

Sebagai participant, saya senang dengan diadakan kegiatan #Kili2DayCare, kita bisa mengajak anak-anak untuk bermain sambil belajar dengan berkeliling ke tempat-tempat bersejarah, juga mengingatkan kita untuk mau berbagi dan peduli kepada saudara-saudara kita yang kurang beruntung.

Setelah ini, pokoknya kapan-kapan mau deh diajakin liburan bareng Kili-kili Adventure 😀 tapi boleh bawa anak bayi yaaa 😀