Entah kenapa setelah nonton review salah satu kue artis di channel youtube-nya Anak Kuliner, saya jadi penasaran pingin icip. Padahal saya nggak ada ketertarikan khusus nyobain satu per satu kue artis. Saya lebih suka beli yang pasti-pasti aja, semacam breadtalk atau tours les jours atau roti lauw. But here I am trying to make a review about kue artis yang lagi ngehits, hihihi.

Jogja Scrummy

Sebelumnya sampai ke kue artis yang saya tonton review-nya di youtube, pertama kali saya nyobain kue artis itu sekitar sebulan yang lalu waktu sedang di Magelang, kemudian adik ipar saya bawain Jogja Scrummy (kuenya Dude Herlino). Dari kemasannya sih terlihat premium. Penasaran juga karena saya nggak pernah nyobain kue wortel, gimana sih rasanya kue wortel nih? agak norak emang gw, maapin ya maapiiin.

Premium Carrot Cake

Dan setelah dicobain, Premium Carrot Cake dengan parutan keju diatasnya ini memang enak. Wortelnya berasa, kuenya nggak terlalu manis, lembut dan kayak ada serat-seratnya wortelnya gitu (wortel di blender). Cream cheese-nya ringan (rasanya nggak dangdut, hehe) dan topping keju parutnya bikin gurih membuat rasa manis dan gurih kue artis ini nyatu dengan enak di mulut. Enak, dude!!! Saya sampai beli lagi buat dibawa ke Jakarta.

Jadi, untuk Premium Carrot Cake yang keju pun ada 2 pilihan, yaitu yang diatasnya dengan parutan keju (Cheese original) dan cream keju (Frozting Cheese). Kebetulan saya kedapetan nyobain dua-duanya, hehehe.

Image : Jogjascrummy.com

Image : Jogjascrummy.com

 

Awalanya sih sayang ngeluarin duit 65.000 buat kue-kue begini, tapi karena ukurannya lumayan besar dan sebelumnya sudah tau kalau rasanya enak, apalagi momentnya lagi liburan, jadi sesekali boleh lah.

Pilihan rasa-nya terdiri dari : Premium Carrot Cake Frozting Cheese, Cheese Original, Peanut, Caramel, dan Coklat.

Jogja Scrummy Taro

Selain Premium Carrot Cake, saya juga nyobain primadona-nya sendiri, yaitu Jogja Scrummy rasa Coklat dan Taro. Kalau saya lebih suka yang rasa Taro karena manis brownies cake-nya lebih pas di lidah. Cream-nya yang ada di antara pastry juga terasa ringan dan manisnya pas. Sekilas kayak strudel gitu, tapi di dalam pastry-nya ada cream rasa Taro Ini sama sekali nggak bikin aneh kok, malah bikin enak. Untuk Jogja Srummy-nya sendiri dipatok harga 50.000

Baca juga  Dengerin Musik Favorit Kamu di Spotify

Sedangkan untuk Jogja Scrummy-nya sendiri pilihan rasa-nya ada : Taro, Chocolate, Cheese, Srikaya, Mango dan Caramel.

Jogja Scrummy ini gampang banget kok ditemui di Jogja. Awalnya, saya diberi tau adik ipar kalau alamatnya di Jalan Kaliurang, lumayan jauh juga kalau dari stasiun Tugu. Akhirnya, kami memutuskan buat cari oleh-oleh lainnya. Setelah jalan-jalan di sekitar Malioboro sambil menunggu kereta datang, ternyata kami beberapa kali menemui booth Jogja Scrummy di Mall Malioboro dan di Stasiun Tugu.

Jogja Scrummy di Stasiun Tugu

Seketika saya langsung ingat materi perkuliahan periklanan tentang Consumer’s Journey. Meskipun punya beberapa gerai resmi di Yogya (Jalan Kaliurang, Mall Malioboro, Adi Sucipto dan Stasiun Tugu), tapi booth-booth kecilnya cukup banyak tersebar di tempat-tempat yang sering dikunjungi wisatawan.

Secara keseluruhan, Jogja Scrummy saya beri nilai 7,5/10

Details :

Ig : jogjascrummy
Website : Jogjascrummy.com

Vava Cake

Kembali ke Jakarta. Sejak nyobain kue nya bang Dude Herlino yang cukup berkesan dan belum ada saingannya lagi, minggu kemarin sengaja saya pesan kuenya Titi Kamal via ojek online setelah lihat review-nya di youtube bilangnya enak. Selain itu topping nougat-nya juga bikin penasaran, soalnya jarang kue yang pake topping nougat dijual gitu aja. Kalau cheese n coklat cake gitu kan ada dimana saja dan enaknya pun ‘sebelas dua belas’.

Penasaran juga, enakan mana nih sama kuenya dude. ‘Sejak kapan sih gw jadi ngebela-belain beli kue artis gini??’ Yang jelas sih nggak bakal sering-sering, hehe. Cuma lagi pingin aja dan ini belinya juga nggak random.

Oke, jadi saya pesan yang Mini Red Velvet Nougat dan Mini Pandan Cheese di gerai yang paling dekat dari rumah, yaitu di Kota Kasablanka.

Baca juga  Mama Malaka : Tempat Ngemil dan Makan Besar Bernuansa Vintage Melayu

Mini Red Velvet Nougat

Kemasannya manis dan terlihat premium. Setelah diicip pun rasanya enak, seperti ekspektasi, namun ukurannya terlalu kecil, hehe. Memang sih dari awal pesan, judulnya saja udah ada kata ‘Mini’-nya, tapi untuk kue seharga 65.000, ini agak kecil, kalau kuenya Dude kan lumayan besar tuh.

Kemasan Vava Cake Mini Red Velvet Nougat

Anyway, mari kita beralih ke rasa. Red Velvet Nougat-nya enak, cake-nya lembut dan nggak terlalu manis. Nougatnya enak bangeeet, jadi inget enting-enting kacang gula jawa, tau kan enting-enting? Manisnya berasal dari nougat / enting-enting kacang gula jawa-nya yang terlihat agak basah. Tidak hanya manis, rasa kacang yang gurih dan terselip sedikit pahit juga membuat kue artis ini kaya rasa. Nougat tidak hanya ada di atasnya saja, tapi juga di sela-sela lapisan gulungan kue. Maknyusss!!! Saya sukaaa!!!

Vava Cake Mini Red Velvet Nougat- Gambar ini diambil setelah habis beberapa potong, jadi yang digambar itu bukan ukuran yang sebenarnya.

 

Mini Pandan Cheese

Mini Pandan Cheese nya juga lumayan enak, cake-nya lembut dan kejunya lumayan banyak bergulung-gulung. Tapi harum pandannya kurang.

Vava Cake Mini Pandan Cheese

Dari segi rasa, Vava Cake saya berikan nilai 8/10, tapi kalau digabung dengan harga jadi 7,5/10. Maaf ya mbak Titi Kamal, kue-nya enak banget, tapi harganya rada mahil untuk ukuran segitu.

Pilihan rasa-nya sendiri ada : Double Chocolate Brownie, Vanilla Cheese, strawberry Cheese, Pandan Srikaya, Pandan Cheese, Red Velvet Nougat, Mocca Meises, dan Mocca Nougat.

Details:

Ig : vavacake_premiumcake
Pemesanan dengan go food >>> Vava cake Benhil, KOKAS, Pejaten, Bintaro

Akhir kata,

Baik Jogja Scrummy, maupun Vava cake keduanya sama-sama enak, dan bikin kenyang, juga memiliki keunikannya masing-masing. Positioning-nya yang dibuat kearah oleh-oleh juga tepat, meskipun tetap bersaing dan tak akan bisa menggantikan oleh-oleh khas daerah setempat. Tapi setidaknya sekarang kalau ke Jogja, inget Jogja Scrummy juga, selain bakpia, gudeg, dan sop ayam pak min, hehe. Selamat ya Dude, kue mu sudah menduduki tempat di pikiran saya.

Baca juga  Arion Mall : Masih Tegak Berdiri Hingga Kini

Kalau Vava Cake, meskipun enak, tapi lumayan banyak saingannya di Jakarta. Sungguh. Toko kue dan roti kekinian semakin menjamur di segala sudut Jakarta, apalagi di mall. Semakin banyak pilihan masyarakat. Barangkali buka gerai di stasiun atau bandara juga bisa dijadikan cara agar mendapatkan tempat di pikiran masyarakat sebagai kue oleh-oleh Jakartee.

Setelah saya ingat-ingat lagi, ternyata sebelum Jogja Scrummy dan Vava Cake, saya juga pernah coba kuenya Laudya Chyntia Bella (Makuta) dan Strudel-nya Teungku Wisnu (Malang Strudel). Waktu itu dibawain sama suami dan adik saya yang habis dari Bandung dan Malang, tapi udah lama, jadi lupa rasanya. 😀

Kalau menurut teman-teman kue artis mana nih yang enak dan patut saya coba?? 😀