Lauk dan sayuran udah ada, tapi kalau belum ada sambel kayaknya belom pas aja. Setuju gak?? Selain sambel kosek yang puedess bukan main, favorit saya lainnya adalah Sambel Pecel.

Sambel Pecel atau sambel kacang bisa banget dimakan sama lauk dan sayuran apa aja. Saya  sendiri kalau makan gak ribed, seringnya cuma tempe, tahu, telor, sayur rebusan (bayem, sawi, dll), nah menu-menu sederhana ini cocok banget kalo dijodohin sama sambel kacang. Juaraa dehh!!! Rasanya kayak ada manisnya, pedesnya dan gurih. Dulu waktu belum tau cara buatnya, saya suka beli sambel pecel di supermarket, kira-kira ukuranya kayak sabun mandi dengan harga Rp 5000 – 10.000 an.

Tapi semenjak tau cara buatnya dan terbukti enaknya, saya jadi suka bikin sendiri. Tentunya lebih banyak dan hemat dong. Bagi yang pingin coba buat, monggo simak resepnya ya ibu-ibu. 🙂

Bahan-bahan

  • Kacang Tanah (kira-kira 7 ons – 1 kilo)
  • 15 siung bawang putih
  • 15 siung bawang merah
  • 1,5 ons Cabe merah keriting
  • Kencur (kira-kira satu ruas jari)
  • 5 lebar daun jeruk
  • Terasi (kira-kira satu ruas jari)
  • Gula Jawa 5 ons
  • Garam

Cara Pembuatan

  1. Goreng kacang tanah agar nanti sambal pecel dapat bertahan lebih lama.
  2. Tumbuk kacang goreng
  3. Jika belum halus maksimal gunakan ulekan
  4. (a) Goreng bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, kencur, dan terasi (bumbu juga sebaiknya digoreng agar sambel pecel bertahan lebih lama (b) Uleg bumbu yang telah digoreng tersebut hingga halus
  1. (a) Siapkan gula jawa, untuk memudahkan bisa dipotong-potong terlebih dahulu (b)Siapkan daun jeruk yang sudah di potong2
  1. Uleg gula jawa dan daun jeruk bersama dengan bumbu yang telah diuleg halus
  2. (a) Campurkan kacang yang telah diuleg halus bersama dengan bumbu yang telah diuleg halus (b) Campur dan aduk hingga menyatu solid padat seperti yang terlihat pada gambar
  1. Tinggal dimakan, sisanya disimpen di kulkas. Jadinya lumayan banyak kan!!! dapet 1 tempat makan + 1 mangkok
Baca juga  Pecinta Bandeng, Cobain Bandeng Gepuk (Tanpa Tulang) Satu Ini

SAMBEL PECEL

Setiap kali mau dimakan tinggal ambil sambel pecel secukupnya dan campurkan air hangat. Aduk dan tekan-tekan sambel pecel hingga kekentalannya sesuai dengan selera masing-masing.

Bagi yang gak terlalu suka sayuran, sambel pecel juga bisa jadi solusi buat pendamping sayuran, sayur apa aja bisa dipakein sambel pecel, jadi modelnya kayak lotek atau gado-gado. Dijamin sayurnya jadi gampang masuk mulut, enak deh pokoknya.

Sambel Kacang, Tempe Goreng Tepung, Sawi Rebus plus Krupuk. Yumm..yumm..yumm!!

Sambel Kacang, Tempe, Sawi Rebus plus Krupuk. Yumm..yumm..yumm!!