Beberapa bulan lalu, om saya baru saja merayakan kelahiran putrinya yang pertama. Seperti biasa, kalau ada teman atau keluarga yang lahiran kami datang menjenguk dan membawakan bingkisan. Setelah ngobrol-ngobrol, om saya bilang “Untung kamu nggak bawain baby carrier (alias gendongan), ini udah ada 7 orang yang ngasih baby carrier“, katanya. Hahaha, begitu nge-trend kah memberikan kado gendongan sekarang ini??

Ini salah satu kado bermanfaat sih, gendongan kini sudah bertransformasi dengan banyak pilihan model dan bahan, motifnya pun lucu-lucu. Kalau zaman dulu model gendongan hanya saru, yaitu kain panjang atau jarik dengan motif batik yang cara memakainya tradisionil (diuntel-untel). Kalau gendongan sekarang terlihat lebih modern dan mudah digunakan, ada yang model sling, baby wrap yang nge-press kayak kepompong, gendongan hipseat dan lain-lain.

Memberikan kado Baby carrier / gendongan juga nggak masalah, apalagi kalau memang dibutuhkan. Dari segi manfaat, baby carrier bantu buat mengurangi beban orang tua saat menggendong anak dan bisa awet agak lama (ya mungkin sampai anak umur 2 tahunan). Tapi, kalau punya 7 baby carrier buat apa juga yaakk, hahaha. Buat ganti-ganti boleh lah.

Beda ceritanya dengan tante saya, sejak cucu pertamanya lahir (jadi ceritanya tante saya ini jadi nenek, yang lahiran sepupu saya), ia juga berperan besar dalam memomong cucunya. Rupanya, tante lebih familiar menggunakan gendongan tradisional/ kain jarik, sedangkan di kado-kadonya tidak ada yang memberikan gendongan kain jarik. Akhirnya, saya disuru cari kain gendongan tradisional deh buat si tante, hehehe.

Meskipun anak generasi 90’an, tapi saya juga lihai loh pakai gendongan jarik. Waktu itu niat belajar soalnya (to impress my mother-in-law, hehehe). Saya sendiri punya 3 gendongan kain jarik, karena selain buat gendongan, kain jarik juga bisa alih fungsi menjadi selimut. Ternyata, bisa gendong pakai Jarik banyak manfaatnya, lho, tapi sayang nggak bisa dimasukin di portfolio, hehehe.

Baca juga  Kemana Saja #JadiBisa Nyata dan Mudah Karena Traveloka

Kado Bermanfaat untuk bayi dan ibu baru

Nah, selain memberikan kado Gendongan atau Baby Carrier, ada banyak loh kado bermanfaat lainnya untuk dedek Bayi dan Ibu yang baru melahirkan, apa saja ya…

Baju kodok / jumper dan Topi

Menghadiahkan baju biasanya jadi pilihan kado favorit, karena bayi yang baru lahir bisa gonta-ganti baju lebih dari 5x dalam sehari, apalagi kalau ibunya memilih untuk nggak dipakaikan pempers, belum lagi kalau bayi gumoh dan lain sebagainya. Selain karena kegunaan, seneng aja gitu lihat model baju anak yang lucu-lucu, apalagi kalau bayi pakai baju kodok bayi / jumper. Pilihkah jumper yang bahannya aman dan nyaman untuk bayi ya.

Selain jumper, topi bayi laki laki juga bisa menjadi hadiah tambahan. Dalam berbagai situasi, topi berguna untuk menghangatkan dan melindungi kepala bayi yang tengkorak kepalanya masih lunak. Model dan motif topi zaman sekarang juga lucu-lucu. Jadi, dengan jumper dan topi yang lucu, si dedek juga bisa bergaya, hahaha.

Image : Tokopedia

Jaket

Ini sering dilupakan para calon ibu ketika me-list belanja kebutuhan bayi sebelum lahiran. Segala-galanya sudah dibeli, dari mulai baju, selimut, kaos kaki, sampai bedong. Tapi sering melupakan jaket, padahal jaket bayi juga termasuk penting. Apalagi kalau bayi mulai agak besar, sekitar menginjak 4 bulanan.

Untuk bayi yang baru lahir, biasanya lebih menggunakan selimut yang ada topinya. Nggak jarang saya lihat ada orang tua yang menggedong bayinya saat naik motor, meskipun tidak disarankan. Untuk itu memberikan kado jaket bisa sangat dibutuhkan untuk berpergian kemana pun.

Image : Tokopedia

Bouncer / Mainan kursi goyang

Salah satu cara membuat bayi nyaman adalah dengan digoyang-goyangkan atau diayun-ayunkan.
Memberikan kado Bouncer / mainan kursi goyang akan berguna bila sang ibu ingin mengawasi anak sambil melakukan aktivitas lain atau beristirahat sejenak. Sambil diayun-ayunkan di Bouncer, Ibu juga bisa mengajak main si dedek, sambil diajak bercanda. Bayi pasti senang deh.

Image : Tokopedia

Buku Empuk dari Kain

atau sebutannya Soft Teether Book. Ingin memberikan mainan yang aman sekaligus mengenalkan bayi pada buku? buku empuk ini bisa dijadikan solusi. Sambil bercerita dan melihat gambar yang bewarna-warni dari buku, bukunya juga aman kalau seumpama digigit bayi.

Image : Tokopedia

Selain memberikan kado bermanfaat untuk si bayi, memberikan kado bermanfaat untuk ibunya juga perlu loh. Teman atau saudara kamu pasti senang karena kamu menunjukan rasa perhatian, nah, kamu bisa mamberikan ini :

Baca juga  ‘POJOK Shahnaz’, Ruang Digital Inspiratif Untuk Perempuan Indonesia

Bantal menyusui

Sepertinya Bantal menyusui ini mulai nge-trend belum lama ini, soalnya waktu zaman saya habis ngelahirin Rayan, saya belum pernah lihat yang kayak gini. Bentuknya yang ‘C’ atau melingkari perut, membuat ibu lebih nyaman saat menyusui. Bayi pun lebih nyaman karena diganjal dengan sesuatu yang empuk. Tidak hanya saat menyusui. Bantal ini juga bisa berguna untuk kondisi lain, seperti rebahan bayi, membantu bayi untuk belajar tengkurap atau ganjelan duduk bayi. Motifnya juga bermancam-macam.

Image : Tokopedia

Buku parenting

Sebagai ibu baru, pengetahuan seputar bayi sangat diperlukan. Selain ngandelin nasihat orang tua, mencari tahu sendiri dari buku parenting juga sangat bermanfat. Biasanya dalam buku parenting dijelaskan informasi seputar tumbuh kembang anak, penyakit dan permasalahannya, tips memperlancar ASI, resep MPASI, cara mendidik anak dan lain sebagainya.

Image : inhabitat.com

Pakaian menyusui / Bra menyusui

Manyadari kebutuhannya sebagai ibu, memberikan bra dan pakaian menyusui menjadi salah satu kado bermanfaat. Apalagi sekarang ini banyak pakaian menyusui yang stylish. Jadi meskipun sedang berpergian di luar rumah, menyusui anak bisa dengan nyaman karena kemudahan yang diberikan pakaian dan bra menyusui.

Image : momstobeshop.com

Camilan untuk ibu

Kadang makanan bisa menjadi mood booster seseorang, apalagi buat si ibu yang baru melahirkan. Sebagai sahabat yang perhatian, kamu juga bisa memberikan makanan untuk memperlancar ASI, carilah camilan dengan bahan makanan yang dipercaya dapat melancarkan ASI, seperti almond atau jagung. Biskuit almond atau jasuke barangkali, enakkan, hehe bahkan Marning juga bisa kamu berikan untuk cemilan memperlancar ASI loh.

Image : camilannusantara.com

Nah, gimana ‘ide kado bermanfaat untuk bayi dan ibu baru’ nya mencerahkan, nggak?? Udah nggak binggung lagi kan? Kalau buibu sendiri prefer memberikan kado apa nih ke sahabat atau kerabat yang baru saja melahirkan? Monggo di-share di mari ya…