Penasaran sama film Pendekar Tongkat Emas akhirnya selasa kemarin, sepulang dari kantor saya dan abang sempetin waktu buat nonton di bioskop.

Nonton Film Pendekar Tongkat Emas

Nonton Film Pendekar Tongkat Emas

Sebenernya mungkin karena kita berdua sama-sama kangen sama film laga nya Indonesia yang sekarang sudah nyaris punah. Sebelumnya sempat ada juga film action Indonesia, yaitu The Raid yang diperankan oleh Iko Uwais.

Walaupun sama-sama menonjolkan beladiri pencak silat, tapi Pendekar Tongkat Emas berbeda dengan film The Raid, hadirnya film Pendekar Tongkat Emas tentunya akan mengobati kerinduan masyarakat terhadap film Laga Kolosal Indonesia. Saya jadi ingat waktu saya masih muda belia salah satu tontonan favorit saya di hari minggu adalah Wiro Sableng pendekar 212.

Diawal film tidak diceritakan kapan atau dari zaman apa Cerita Pendekar Tongkat Emas berasal, mungkin karena cerita Fiksi jadi pemilihan waktu dikesampingkan dan lebih fokus pada alur cerita. Film ini sukses membuat saya terpesona dengan keindahan alam Sumba yang luar biasa, kereen banget, rasanya pengen guling-guling diantara ilalang-ilalang. Karya Tuhan yang Luar Biasa!!

Pendekar Tongkat Emas - Keindahan Sumba

Bukan hanya terpesona sama keindahan alamnya saja, acting dari Eva Celia (Dara), Reza Rahardian (Biru), Nicholas Saputra (Elang), Tara Basro (Gerhana), Christine Hakim (Cempaka) juga bikin saya terpesona, sejak kapan ya mereka belajar pencak silat kayak gitu? Untuk seorang artis yang lebih sering kita kenal memainkan film drama lalu kembali dengan peran bak artis film laga itu keren loh, menambah prestasi para artis di dunia perfileman Indonesia.

Abang juga setuju dengan saya mengenai hal ini, katanya sinematografinya bagus dan cukup detail ketika menampilkan gesitnya para pemain ketika bertarung dan berlaga. Konsep visualnya cukup mengena dan bisa bermain-main dengan hati penontonnya.

Baca juga  Mad Max : Fury Road : When the World Needs Hope

Alur yang ditampilkan dalam film ini cukup jelas, introduction (perkanalan) –klimaks (permasalahan) – (ending) penyelesaian. Saya dan abang sepakat kalau Genre film ini adalah FIksi Action Drama Kolosal. Hehehe banyak banget yaa abis kayaknya semuanya ada, Fiksinya dari cerita film ini sendiri, Action & dramanya juga dapet banget dimana menceritakan sebuah penghianatan.

Pendekar Tongkat Emas

Sinopsis.

Film Pendekar Tongkat Emas menceritakan seorang guru silat bernama Cempaka (Christine Hakim) yang memiliki 4 orang murid bernama Biru (Reza Rahardian), Gerhana (Tara Basro), Dara (Eva Celia) dan Angin (Aria Kusumah). Walaupun hanya memiliki 4 orang murid namun perguruan ini sangat dihormati oleh perguruan lainnya karena banyak berjasa di dunia persilatan.

Menyadari bahwa sudah saatnya Cempaka untuk mewariskan Tongkat Emas-nya maka ia mengumpulkan ke-4 muridnya. Keputusan Cempaka untuk mewariskan Tongkat Emas kepada salah satu muridnya yang dianggap layak, rupanya membuat murid lainnya cemburu sehingga ingin merebut tongkat emas itu

Kecemburuan dan keserakahan untuk merebut Tongkat Emas membuat mereka tega untuk membunuh Cempaka (guru mereka sendiri) dan murid lainnya, serta menyebarkan fitnah di perguruan lain, seolah-olah lupa dengan segala ilmu dan kebaikan yang telah diajarkan oleh Cempaka.

Ditengah polemik tersebut, muncullan Elang (Nicholas Saputra) yang membantu si pewaris Tongkat Emas untuk merebut kembali Tongkat Emas serta menyempurnakan jurus Melingkar Bumi bersama-sama.

Apakah sang pewaris berhasil mendapatkan Tongkat Emas-nya kembali? Dan siapa sebenarnya Elang?