Zaman sekarang mencari apapun terasa mudah, apa-apa tinggal online. Inilah yang patut kita syukuri dengan hadirnya internet dan era digital.

Saya masih ingat ketika pertama kali merantau kuliah di luar kota tahun 2009, saya harus mencari kos-kosan dengan menyelusuri jalan-jalan sekitar kampus dan mencari rumah yang di pagarnya bertuliskan “Menerima Kos Wanita”. Kemudian saya mendatangi rumah itu dan bertemu langsung dengan ibu kosnya. Jika oke, bisa langsung booking, jika belum sreg kembali melanjutkan pencarian yang bisa menghabiskan waktu berhari-hari. Kebayang kan ribetnya kala itu, padahal 2009 itu belum terlalu lama lho, cepat banget berubah ya.

Sekarang mencari roommate (teman sekamar) / housemate (teman serumah) tidak sesulit dulu lagi karena banyak platform atau website yang menyediakan kemudahan dalam mencari tempat tinggal. Ingin mencari kontrakan atau apartement, ada. Cari kosan, ada. Cari housemate, ada. Cari tempat singgah harian, ada. Pokoknya membantu sekali.

Serumah.com

Saya senang di Indonesia sudah ada platform yang membantu untuk menemukan housemate / roommate seperti serumah.com. Jadi, bagi kalian yang sedang mencari room sharing atau mengundang teman untuk sharing tempat tinggal (kos/ apartmen) dapat mengiklankan di serumah.com. Inilah bedanya serumah.com dengan beberapa website cari tempat tinggal lainnya. Dengan menemukan housemate / roommate diharapkan dapat meringankan biaya sewa yang semakin mahal di kota-kota besar, khususnya Jakarta.

website serumah.com

Konsepnya mirip dengan Airbnb, saya sendiri termasuk yang puas dengan Airbnb. Kalau sedang liburan, sesekali saya sengaja mencari sewa private room di Airbnb ketimbang menginap di hotel karena ingin mendapatkan experience yang beda dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Sama halnya dengan serumah.com yang mengenalkan room sharing experience dalam menemukan tempat tinggal. Bedanya serumah.com sifatnya lebih long term.

Eksplore

Menurut saya website serumah.com cukup memfasilitasi para pencari roommate, dan berbagi tempat tinggal ini sebenarnya cocok banget untuk kalian yang ingin belajar mandiri dan terbuka dengan berbagai macam hal baru. Pasti banyak banget pelajaran yang bisa diambil dengan berbagi tempat tinggal bersama orang baru, salah satunya problem solving, bersosialisasi dan toleransi.

Ilustrasi : chicagotribune.com

Fitur website serumah.com berupa pencarian teman sekamar (roommate).

Pencari Roommate, yaitu mereka yang ingin mencari teman untuk tinggal bersama dan berbagi biaya tempat tinggal bersama dengan orang lain (baik itu housemate, roommate, teman kost atau flatmate).
Pencari teman sekamar ada tiga tipe:

  1. Mereka yang sudah memiliki kamar sewa/kost dan hendak mencari teman untuk diajak sewa bareng
  2. Mereka yang belum memiliki kamar sewa dan juga teman sekamar.
  3. Mereka yang fleksibel bisa berpindah selama mendapatkan teman kost.
Baca juga  7 Pesan Sarat Makna dari Film Ada Apa Dengan Cinta / AADC 2

Mungkin akan ada perasaan khawatir dengan orang asing yang akan menjadi teman serumah kita dan merasa lebih leluasa jika roommate kita adalah orang yang kita kenal. Tapi jika kalian merantau seorang diri, nggak ada salahnya kok membuka diri dengan orang-orang baru. Siapa tau aja cocok dan bisa jadi bestfriend untuk kedepannya. Meskipun Jakarta keras, tapi masih banyak orang baik kok.

Website serumah.com merupakan jawaban bagi para mahasiswa dan profesional muda yang sedang merantau dan ingin mencari tempat tinggal atau teman serumah berdasarkan preferensi masing-masing.

Untuk memfilter persaratan calon roommate, serumah.com menyediakan pertanyaan-pertanyaan yang harus user jawab, seperti : apakah kita perokok dan tahan tinggal dengan perokok? apakah kita toleransi dengan pengunjung malam? apakah kita menerima jika roommate kita membawa hewan peliharaan? bahkan apakah kita seorang yang konservatif atau liberal juga disertakan, dan lainnya.

Yang tidak saya temukan adalah kolom untuk menuliskan detail profile user, dan penjelasan fasilitas tempat tinggal. Menurut saya penting juga untuk tau latar belakang calon teman serumah kita.

Namun, sebagai gantinya user diharapkan untuk mencantumkan sosial media (FB, twitter dan instagram), mungkin kita disuruh untuk mencari tau sendiri latar belakang dan seperti apa calon teman serumah kita melalui sosmed-nya. hihihi.. Okelahhh, tak bisa dipungkiri sosmed pun kini bisa dijadikan portfolio, jadi bersosial media lah yang baik ya saudara-saudara. 🙂  <<<<<< Pesan di penghujung tahun 2017.

Bagi yang tertarik, bisa mendaftar di https://serumah.com/id/register/. Saya jadi kepikiran buat merenovasi kamar yang kosong biar dapat disewakan, tapi nabung dulu deh, hehehe. Hidup zaman sekarang itu apa-apa harus diberdayakan biar menghasilkan. 🙂