Kamu tipe orang yang malas dandan? Ketahuilah, bahwa kamu nggak sendiri kok. Saya pun bukan tipe orang yang bisa berlama-lama dandan di depan kaca, bahkan saya nggak pernah sekalipun kepikiran meluangkan waktu untuk melukis alis. Satu-satunya momen alis saya diapa-apain, yaitu saat perkawinan.

Sama sekali nggak salah dengan mereka yang setiap harinya gemar membenahi alis, masing-masing orang memiliki kebutuhan mempercantik diri yang berbeda-beda. Hanya saja, saya memang nggak memilih membenahi alis sebagai rangkaian men-touch up wajah. Saya terlalu malas untuk menanggung akibatnya kalau-kalau setelah dilukis alis saya menjadi beda sebelah dan harus mengulang melukis dari awal lagi. Hehe.

Meskipun begitu, saya menyadari bahwa penampilan itu penting dalam beraktivitas, khususnya aktivitas di luar rumah. Minimal nggak bau badan dan segar dilihat lah.

Anggap saja rangkaian dandan dan merawat diri ini sebagai cara kita bersyukur kepada gusti Allah atas tubuh dan wajah yang Ia berikan tanpa kurang satu apapun.

Saya baru concern dengan penampilan ketika SMA dan mulai punya girl’s stuffs macam ini. Berikut saya urutkan kosmetik dasar yang saya miliki berdasakan yang lebih dahulu saya gunakan :

Deodoran atau Parfum

Diantara dua itu, saya lebih ke pengguna deodoran ketimbang parfum. Yang nggak boleh terlewat sehabis mandi adalah pakai deodoran. Bener banget kalau fungsi deodoran ini bikin kita lebih pede dan nyaman dalam beraktivitas, jadi nggak takut bau dan basah.

Image : eposts.co

The truth is saya bukan pengguna parfum dan nggak pernah punya wangi khusus. Bahkan suami saya binggung ketika saya tanya, “Bang, aku ini ada wanginya nggak sih?”, dia menjawab “Kamu nggak bau, tapi nggak wangi gimana-gimana juga sih, bau sabun kali ya”.

Baca juga  Sulitnya Untuk Tidak Menulis Tentang Marlina

Beberapa kali saya mencoba beli parfum, tapi tidak ada yang benar-benar saya gunakan karena harumnya kurang cocok. Setiap mau coba-coba beli parfum, saya minta suami untuk mencium baunya, toh saya beli parfum juga buat dia, tapi nggak ada yang benar-benar kami suka. Memang dasarnya kami berdua nggak ada yang suka pakai parfum kali ya. hehe

Sebenarnya saya pingin punya wangi khusus seperti orang-orang, tapi nggak tau referensi parfum apa yang enak. Silahkan loh kalau ada yang mau merekomendasikan perfum yang baunya enak.

Lotion

Memakai lotion juga salah satu rangkaian dandan yang nggak boleh lewat sehabis mandi, apalagi kalau keluar rumah. Fungsinya melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan polusi, bikin kulit kita lebih moist, nggak kaku dan kering. Seperti memberi makan dan nutrisi pada kulit, memakai lotion membuat kulit lebih sehat dan segar.

Image : pexels.com

Eyeliner

Saya mulai tertarik pakai eyeliner sewaktu sepupu saya mengajarkan saya dandan. Dengan eyeliner, mata saya yang agak minim ini bisa terlihat lebih tegas dan besar. Kalian bisa melukis sesuai yang diinginkan, kalau saya sukanya yang tipis-tipis, hanya untuk mempertegas garis mata.

Meskipun ada orang yang mengatakan lebih penting pinsil alis ketimbang eyeliner karena katanya menggambar alis itu bisa mempengaruhi bentuk muka dan cukup dapat mewakili make up di daerah mata, tetapi saya tetap lebih memilih eyeliner karena dapat memberikan kesan-kesan mendalam sesuai yang kita inginkan.

Image : geekwire.com

Bedak dan pelembab

Awalnya saya anti banget dengan bedak karena kesannya hanya untuk menutupi noda jerawat dan memutihkan saja, padahal kan yang namanya jerawat itu butuh di berantas bukan ditutup-tutupi. Apalagi ada orang yang pakai bedak hanya untuk memutihkan wajah, kan jadinya aneh, warna muka dan leher tak sama.

Baca juga  Review Film yang Nggak Spoiler ala Kisekii

Tapi seiring seberjalannya waktu, setelah mulai terbuka dan memahami cara kerja bedak, ternyata ada benarnya juga kalau dibilang untuk menutupi / menyamarkan noda di wajah, toh biar warnanya merata dan cerah supaya lebih pede kalau ketemu orang. Yang salah itu, kalau sudah pakai bedak tapi masih saja nggak pede. Lebih baik tidak pakai sekalian atau pakailah sesutu yang nyaman dan membuat kita merasa lebih percaya diri.

Image : journal sociolla

Selain itu bedak juga berfungsi sebagai tabir surya yang mengurangi kerusakan kulit, dan mencegah kulit berminyak. Saya sendiri pakai bedak kalau mau pergi saja, biar wajah nggak kusam. Itu pun disertai dengan pemakaian pelembab sebelumnya biar hasilnya lebih merata. Kadang malah pakai pelembabnya saja.

Lipstik

Jujur, saya paling jarang pakai lipstik. Ke kondangan pun kadang saya memilih nggak pakai lipstik. Alasannya, karena saya suka cium anak saya dan saya nggak suka kalau ada lipstik yang menempel di pipinya, apalagi kalau dihapusnya hanya dilap dengan jempol.

Tapi, sebagai wanita, saya harus punya lipstik lah, untuk punya-punyaan aja, hihi. Suatu saat kalau perlu jadi nggak nyari-nyari. Kalau lipstik, saya suka yang matte karena warnanya pekat, nggak mengkilat, nggak ngejreng dan nempel di kulit, seperti Lipstik NYX Matte yang memberikan kesan natural di bibir. Selain itu kandungannya juga aman dan warna kalem-kalem.

Image : Mataharimall

Itu lah 5 barang yang setidaknya harus kamu miliki meskipun kamu nggak terlalu suka dandan karena sewaktu-waktu bisa saja kamu butuhkan, percaya deh.

Bagi kalian yang suka belanja kosmetik, pilih-pilih warna lipstik dan eyeliner, coba deh cari apapun kebutuhan kamu di mataharimall.com. Jika kalian menggunakan Ovo bisa mendapatkan cashback 30%. Lumayan kan, cashback-nya dapat kalian gunakan di gerai-gerai makanan atau apapun yang menerima pembayaran melalui Ovo. Buat beli pulsa handphone dan bayar listrik juga bisa. ๐Ÿ˜€

Baca juga  X-Men Apocalypse : Antara Membingungkan dan Mencengangkan.

Selamat belanja, buibu.