Entah mengapa saya beranggapan bahwa film Jepang yang dulu tayang di hari minggu pagi sangat berpengaruh atas banyaknya anak generasi 90’an Indonesia yang punya mimpi mengunjungi Negara Jepang. Di sosial media satu per satu teman dan kenalan saya telah berhasil mewujudkan mimpinya ke negeri sakura itu.

Di antara banyaknya mimpi saya yang sudah terwujud, mimpi yang masih diusahakan, juga mimpi yang tersisih dan bertambah seiring berjalannya waktu, pergi ke Jepang selalu menjadi favorit hati saya, meskipun bukan yang utama.

Sejak dulu, saya dan suami punya impian untuk bisa sama-sama ke Jepang. Tapi karena urusan pekerjaan, hamil dan melahirkan, memulai jadi orang tua baru, dan mengantre prioritas-prioritas lain membuat kami belum berjodoh dengan Jepang (urusan duit juga sih, uhuk).

Beberapa kali suami saya menyakinkan bahwa tabungan kami sudah siap membawa kami ke Jepang. Kembali lagi saya mengingatkannya untuk memprioritaskan kebutuhan anak dan masa depan.

Tapi bukankah kebutuhan anak dan masa depan itu nggak akan pernah ada habisnya ya? Jadi, nggak ada salahnya dong jika kami santai sejenak dan merencanakan berlibur ke Jepang dari sekarang.

“Trus kita ke Jepang-nya kapan?” tanya suami.
“Aku sih pinginnya pas musim semi, pas ada Sakura gitu, tapi pas musim dingin juga seru sih”.
“Sekitar Maret-April kali ya, kan peralihan musim”.

Sejak kalimat itu tersahkan, kami mulai mencari tiket pesawat ke Jepang di sela-sela aktivitas. Seperti biasa Traveloka menjadi aplikasi travel andalan kami. Usaha saja dulu, jadi atau nggak-nya belakangan, hihi.ย Lalu, apa saja yang menjadi poin penting kami dalam berburu tiket pesawat? Ini dia :

Mencari Harga Termurah

Bagi kebanyakan orang, adalah prestasi ketika kita menemukan harga yang sesuai budget bahkan lebih murah dari budget. Rasanya seperti menjadi manusia paling beruntung di dunia.

Baca juga  8 Hal yang Perlu Dilakukan di Masa Muda

Fitur Best price finder di aplikasi traveloka ini memudahkan kita mencari penerbangan dengan harga termurah. Caranya : isi terlebih dahulu asal penerbangan dan tujuan penerbangan, misalnya Jakarta – Tokyo. Kemudian, klik tanggal keberangkatan, sebelum mengklik tanggal berapa, nanti akan keluar notifikasi untuk mengaktifkan informasi harga terbaik, klik ok dan geser find lowerst price estimates.

best price finder – tampilan smart phone. Setelah menggeser tanda find lowest price estimate, maka akan tertera harga-harga di bagian bawah tanggal.

 

Dengan aplikasi ini kita dapat membandingan dengan jelas harga termurah tiap hari-nya. Bukan hanya itu, jika memilih round trip / perjananan pulang-pergi, akan ditampilkan pula jumlah harga termurah untuk perjalanan pulang – pergi. Jadi, sangat menghemat waktu, bukan?

best price finder – tampilan pc

 

Kadang ketika ingin memutuskan sesuatu yang besar, sebagai istri sering kali dihadapkan pada keraguan, tiba-tiba jadi kepikiran kebutuhan lain yang lebih mendasar. Beli, nggak, beli, nggak, beli, nggak. Akhirnya menunda-nunda, padahal suami saya sudah semangat cari tiket, berharap tiket ke Jepang sudah kebeli sebelum saya berubah pikiran. Lah.

Biar lebih yakin dan permohonan perihal harga juga hari terbaik ke Jepang saya ACC (berasa bos), kami pun mengaktifkan fitur Price Alert. Sebelumnya login dulu ya, setelah itu baru dapat menggunakan fitur unggulan Traveloka ini. Fitur Price Alert berguna untuk memudahkan perolehan informasi harga terbaik yang sesuai dengan budget. Ini akan muncul di my inbox-notificationsย setiap harinya.

Fiture Price alert Traveloka

 

Reschedule & Refundable

Masih ragu? masih takut ketunda-tunda lagi gara-gara urusan lain? Salah satu keuntungan pemesanan tiket pesawat di traveloka adalah dapat melakukan reschedule. Easy Reschedule. Jadi nggak pelu takut tiketnya terbuang sia-sia, karena kita dapat mengubah jadwal keberangkatan atau kepulangan. Namun yang harus diperhatikan adalah bahwa setiap maskapai memiliki ketentuan yang berbeda-beda.

Baca juga  Infused Water, Tips & Cara Baru Menikmati Segarnya Air Putih

Namanya juga baru rencana, memungkinkan sekali dapat berubah sewaktu-waktu, kalau tidak faktor dari dalam atau sesuai kehendak diri kita sendiri, faktor dari luar juga bisa menjadi alasan. Faktor dari luar, seperti : cuacanya tidak memungkinkan atau maskapainya mengganti jadwal penerbangan.

Nah, pastikan tiket pesawat yang dipesan di traveloka dapat di refund atau uang dapat dikembalikan, jika sewaktu-waktu harus dicancel.

Jika dapat dikembalikan, pada bagian info akan tertera Refundable. Uang kita dapat dikembalikan selama 30 hari ke depan setelah pemesanan. 30 days refund guarantee.

30 days refund guarantee traveloka

Pastikan tiket yang dipesan refundable. Detail-nya tertera di bagian info.

 

Flight Reminder

Berburu tiket murah itu memang menyenangkan, ada kebanggan tersendiri setelah berhari-hari mencari harga terbaik, lalu akhirnya tiket terbeli. Tapiii, jangan sampai kelupaan tanggalnya, ini pengalaman pribadi soalnya.

Sewaktu saya dan sahabat saya ke Singapore beberapa tahun lalu, kami mencari tiket murah dari 6 bulan sebelummya. Akhirnya setelah menyisihkan uang jajan sekian lama, tiket pun terbeli. Tapi senangnya nggak lama-lama karena setelah itu hidup kami berjalan seperti biasa : kuliah, mengerjakan tugas, pokoknya hidup kembali sebagai mahasiswa. Krik..Krik.

Kami harus bersabar sampai saatnya tiba, yaitu kurang lebih 6 bulan setelah pembelian tiket. Tidak terasa hari dan bulan berlalu, kami baru ingat beberapa hari sebelum berangkat ke Singapore. Untungnya masih sempat packing dan mencari tiket kereta ke Jakarta. (Saat itu saya sedang kuliah di kota Salatiga, sedangkan penerbangan kami dari Bandara Sukarno-Hatta, jadi harus ada waktu untuk perjalanan ke Jakarta).

Nah, menggunakan aplikasi traveloka nggak perlu khawatir kelupaan tanggal keberangkatan, karena ada fitur flight reminder. Ini penting banget bagi saya yang pelupa ini.

cara men-setting flight reminder : pilih push notofication, kemudian aktifkan flight info.

 

Baca juga  Cerita di Balik Blog : Peluang untuk Lebih Eksis

Bagi saya dan suami, fitur-fitur traveloka ini sangat membantu kami dalam merencanakan perjalanan, juga #JadiBisa membuat hati lebih tenang. Kalau kalian gimana? Fitur mana yang paling sering kalian gunakan dalam merancang perjalanan?

.

Jadi, kesimpulannya kami jadi ke Jepang nggak? Rahasia, hehe. Kalau suatu hari nanti kami jadi ke Jepang, foto-fotonya bakal di share di IG. Doain aja yah. Amin YRA.