Selamat Hari Blogger Nasional.. Enaknya ngapain yaa??  Nyicil utang nulis bisa kali, Van. 😀

Mau sungkem dulu sama teman-teman di Blogger Perempuan 🙂 maap keun saya yaa.. Maaf karena telah lalai.

Teman blogger saya kali ini mengharuskan saya mengingat-ingat masa kuliah karena dia masi muda belia. Eits, masalah muda bukan cuma perkara umur tapi semangat juga dong.😃 Alivia Seftin Oktriwina atau nama bekennya AS Oktriwina atau Awin,  rupanya diantara anggota arisan Blogger Perempuan lainnya,  dia yang paling muda,  selain saya,  uhuuk.  Yakalii.

Masa kuliah saya gak sempurna-sempurna amat sih,  hehe dan kadang masi suka ngebatin “coba saya mulai nge-blog dari jaman kuliah dulu ya, kan bisa lebih leluasa tanpa harus nyolong2 waktu sambil ngurus anak dan kerjaan rumah tangga,  huhuhu.  Kenapa oh kenapa??” hehe mulai lebay.

Tapi ya sudah lah,  udah telanjur suka sama ngeblog,  meski memulainya udah gak terlalu remaja lagi  #gakmaudibilangtua dan kudu saingan sama ngurus anak tapi jalanin aja pelan2.

Menyesal sih nggak,  kurang memanfaatkan waktu aja jadi suka merasa ada yang kebuang.  Nah buat kalian yang berjiwa muda yuk maksimalkan masa muda kamu dengan lakukan hal ini.

1. Belajar untuk masa depan

Yaiyalah yaiyadong. Tujuan kuliah kan memang untuk bekal masa depan,  jadi belajarlah.  Kalaupun sudah lulus tetaplah belajar,  belajar dari kehidupan.

2. Berorganisasi

Banyak loh manfaat berorganisasi,  bukan hanya nambah poin keaktifan mahasiswa. Ikut ekskul yang kalian inginkan seperti karate, paskibra, paduan suara, dan macam-macam kepanitiaan. Kalian jadi bisa kenalan sama mahasiswa lain yang beda jurusan. Nambah link pertemanan dan juga mengasah kemampuan kalian bekerja sama serta bertoleransi.

Baca juga  [Tips] Tetap Nyaman dan Modis Untuk Ibu Menyusui

3. Gali potensi,  temukan passion

Jangan pernah lelah untuk terus menggali potensi diri.  Mungkin saya dulu termasuk yang susah nemu potensi diri kali ya. Banyak sukanya, apa saja dilakuin,  jadi kurang fokus. Gak jarang juga saya gagal. Tapi jangan patah semangat,  cari terus,  apapun itu nyoba usaha, jualan, design, foto, masak, jurnalis seperti mbak Awin, atau ilmu yang linear dengan bidang kuliah kalian,  pokonya cari terus. Teruslah bermimpi.

Dari sekian banyaknya hal yang saya suka,  mungkin menulis juaranya, walaupun belum mengukir prestasi juga sih. Eh, dipercaya sponsor nge-review tu termasuk prestasi loh, hehehe. Sepertinya menulis lah yang akan terus mengasah otak dan hati saya hingga saya tua. Dan saya menikmatinya.

Passion and career

4. Nikmatin hidup

Belajar memang penting,  tapi jangan lupa untuk bersenang-senang dengan teman-teman. Lakukan hal baru, dan jangan takut salah.  Kalau kata Sheila on7, suka duka kita di masa muda itu Kisah Klasik.  Jadi,  “Bersenang-senanglah karena hari ini akan kita rindukan,  dihari nanti sebuah kisah klasik untuk masa depan.”

5. Be yourself

Boleh kagum dan terinspirasi dengan orang tapi jangan sampai kehilangan jati diri.  Boleh mengesankan orang lain tapi jangan membohongi diri sendiri.

Setiap orang pasti ada kelebihan dan kekurangan.  Gali dan kembangkan keunikanmu. Buat kamu nyaman dengan dirimu sendiri.

6. Belajar menyemangati diri sendiri

Gak bisa dipungkiri kalau dalam hidup itu akan ada ups and downs,  ada naik turunnya,  kadang diatas kadang dibawah,  kadang mood kita baik kadang jelek. Syukur kalau kamu punya orang terdekat yang senantiasa menyemangati,  tapi kalau kamu sedang jauh dari mereka, maka hanya dirimu sendiri yang bisa diandalkan.

Baca juga  'Hijrah' dalam Hidup

Saya kerapkali merasa down dengan keadaan dimana saya gak punya pilihan lain kecuali mengurusi bayi dan rumah tangga, sementara teman-teman saya sedang sibuk meraih cita-cita. Namun saya mencoba bertahan dan menyemangati diri sendiri dengan melakukan apa yang dapat menyenangkan hati saya. Sedikit semangat dari diri sendiri dapat membuat segalanya jadi lebih baik.  Pokoknya belajar menyemangati diri sendiri, mengendalikan emosi dan mengatasi rasa takut sangat berguna untuk bekal hidup. Jangan lupa bersyukur karena nggak ada yang sia-sia.

7. Ingat orangtua

Nah ini berlaku bagi anak kos, anak perantauan. Gak salah sih kalau yang muda itu yang sedang mengebu-gebu dengan urusan diri sendiri, sedang bersenang-senang dengan para sahabat. Jadi, orang tua suka dilupakan,  padahal mungkin mereka sedang menunggu telpon dari kita.

8. Jangan malas

Jangan malas karena dunia sedang berputar. Orang-orangpun sedang bergerak, maka berleha-lehalah seperlunya. Hahaha. Well noted.

Sebenernya gak ada juga jaminannya kita bakal puas atas apa yang sudah kita kerjakan,  pasti ada saja kurangnya. Sekarang saya boleh bilang, “coba waktu kuliah gw gini ya”.  Nanti bertambah usia lagi bilangnya gini “coba waktu anak gw masi satu gw gini ya” gak ada abis-abisnya.  Untuk mengurangi hal-hal itu paling yang bisa kita lakukan adalah memaksimalkan sekaligus menikmati hidup dimasa kini.  Terasa banget kan waktu itu sangat berharga.

Meskipun tidak ada kata terlambat, tapi keuntungan dari masa muda karena itu adalah masa yang prima, masih banyak energi, masih menggebu-gebu dan alangkah baiknya jika dikeluarkan dalam tindakan positif agar tidak menyesal di kemudian hari.

Gara-gara Awin topiknya jadi mengingat masa muda, masa kuliah. 😀 Ini dia nih orangnya..main-mainlah ke blognya dek Awin, biar ketularan muda. hehehe. Kalau teman-teman mengisi masa mudanya dengan hal-hal apa??

Baca juga  Infused Water, Tips & Cara Baru Menikmati Segarnya Air Putih

Alifia Seftin Oktriwina

Akhir kata, Selamat Hari Blogger Nasional.

Sumber Foto Cover : https://www.instagram.com/aliviaawin/