Pagi…mengawali Rabu pagi di minggu terakhir November ini, saya membuat sesuatu yang segar 😀

Tadaaaaa…ini dia yang disebut-sebut infused water yang  sedang menjadi trend hidup sehat masa kini.

Perdana looh!!! Saya membuatnya semalam sebelum tidur, dan pagi ini siap dinikmati. 😀

infused water

Ternyata trend hidup sehat memang berkembang terus dari waktu kewaktu ya dan ini juga dibarengi dengan semakin banyaknya orang yang peduli dengan hidup sehat.

Salah satu teman saya dikantor setiap hari selalu mengingatkan kami untuk minum air putih. Ketika kami sedang focus menatap layar komputer, tiba-tiba dia memecah kesunyian “Jangan lupa minum air putih ya guys”. Dan entah kenapa kami semua langsung mencari air putih di meja masing-masing. Hehehe. Sesimple itu, hidup sehat diterapkan di kantor kami.

Lalu salah seorang teman tiba-tiba menceritakan bahwa ia membuat infused water untuk detox segala racun-racun ditubuh. Tak cukup memburunya dengan banyak pertanyaan, sayapun mencari tau apa sih yang dimaksud dengan infused water.

Awalnya saya membayangkan air dengan selang-selang seperti orang di infus atau sejenis es buah mungkin karena diadalamnya dimasukan buah-buahan..hehehe

Sebagai permulaan saya mencoba dengan buah Kiwi karena menurut penelitian kiwi memiliki kalori yang rendah sehingga dapat membantu diet, menjaga kesehatan jantung, memperbaiki metabolisme tubuh, menjaga kekebalan tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan mata.

manfaat-buah-kiwi-untuk-kesehatan

Jadi, kembali lagi, Apa itu infused Water?

Infused water adalah air putih yang didalamnya telah dimasukan beberapa jenis buah-buahan. Kemudian didiamkan beberapa saat di dalam lemari pendingin sedikitnya 2 jam agar sari-sari, nutrisi dan aromanya larut kedalam air. Air dari rendaman buah-buah segar ini yang kita dinamakan dengan infused water.

Agar rasa dan khasiatnya maksimal, setelah buah dicampurkan dengan air masukkan ke dalam kulkas hingga 5-6 Jam.

Baca juga  Tips and Trick Makan Sayur (Buat yang gak suka sayur) / Ibu Hamil Harus Makan Sayur

Apa manfaat infused Water?

Buah yang telah direndam dalam air putih akan mengeluarkan sari-sari yang bermanfaat buat kesehatan.
Kamu juga bias mendapatkan sensasi kesegaran berbeda menikmati air putih. Cocok buat kamu yang sedang merasa lelah dan dehidrasi bahkan sakit tenggorokan.

Buah yang disarankan?

Untuk membuat infused water gunakan buah yang bertekstur keras dan tidak terlalu manis seperti Stroberi (mencegah keriput, memperbaiki sel-sel yang rusak, kekebalan tubuh dan kesehatan mata dan menurunkan berbagai resiko penyakit seperti Parkinson), Kiwi, Lemon & Jeruk nipis (pembakaran lemak cocok untuk diet, mencerahkan kulit, mencegah bau mulut dan mual) , Pir, Anggur, Mentimun (untuk mengatasi dehidrasi).

Selain buah, Anda juga bias mencampurkan golongan rempah yang beraroma harum, seperti daun mint, batang serai, atau cengkih.
Daun mint baik untuk pencernaan, meringankan pernafasan/ asma serta dapat membuat relax / menenangkan pikiran.

Buah yang tidak disarankan?

Peneliti menyarankan agar tidak menggunakan buah Nanas dan Nangka tidak cocok dimasukkan dalam infused water selain karena terlalu manis, kandungan alkohol dalam nangka cukup tinggi, sedangkan nanas memiliki tingkat keasamannya cukup tinggi yang dapat merusak lambung.

Buah pisang. semangka, apel, jambu klutuk, dan durian juga tidak disarankan karena terlalu manis.

Walaupun Apel tergolong buah yang bertekstur keras namun peneliti tidak terlalu menyarankan menyarankan untuk memakai apel dalam infused water karena apel mudah teroksidasi dan berubah warna. Saat sudah teroksidasi, maka kandungan vitamin dalam apel pun sudah hancur.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, berikut tips mencampurkan buah yang akan untuk membuat infused water : (Sumber : Infused Water)

Timun + jeruk nipis + lemon

Dapat bermanfaat sebagai penunjang diet, karena dapat mengontrol nafsu makan, mengatasi perut kembung, menjaga kesehatan pencernaan, dan mengatasi dehidrasi.

Baca juga  Bumil pingin ngemil Singkong / Manfaat Singkong

Stroberi dan kiwi

memperlancar pencernaan, bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular, menurunkan gula darah, dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Lemon, jeruk nipis

Kadungan yang kaya akan vitamin C di kedua buah tersebut bermanfaat untuk menjaga sistem pertahanan tubuh kita.

Teh hijau + daun mint + jeruk nipis

campuran 3 jenis herbal ini bermanfaat untuk pembakaran lemak, meredakan sakit kepala, menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan pernapasan, dan mengatasi susah buang air besar.

Berapa lama infused water dapat bertahan?

Infused water dapat disimpan hingga 1 minggu dengan catatan perhatikan kebersihan dalam pembuatannya, namun sebaiknya sebisa mungkin langsung konsumsi agar sensasi kesegarannya buah tetap terjaga dan Anda juga bias langsung memakan buahnya. Ganti buah ketika telah melewati 48 jam.

Sebaiknya jangan dikonsumsi jika infused water rasanya sudah terlalu asam atau ketika anda mencium aromanya sudah aneh dan tidak segar lagi.

Menarik bukan??? Selain mudah membuatnya. Infused water juga bias dikonsumsi setiap hari dan kapan saja menggantikan air putih biasa. Tunggu apa lagi..yuk coba buat!!!