Wisata Malang memang cukup nge-trend beberapa tahun belakangan ini. Mulai dari film 5 cm yang bercerita tentang pendakian gunung Mahameru, lalu wisata Bromo yang sering jadi tujuan wisata lokal dan mancanegara, ada pula tempat wisata yang sedang populer di daerah Batu seperti Jatimpark dan Museum Angkut.

Sebagai orang Malang (papa orang Malang), rasanya katro banget deh saya belum pernah ke Malang. Mau gimana lagi, saudara-saudara dekat, bahkan nenek kami sudah pada pindah ke Jakarta dan sekitar Tangerang. Waktu adik saya keterima kuliah di Universitas Brawijaya, saya langsung kepikiran ‘Wah, akhirnya ada sesuatu yang mengikat kami dengan kampungnya papa’. Dengan dalih mengunjungi adik, akhirnya for the first time in forever kami sekeluarga ke Malang, yeeey!!!!

Meskipun hanya punya waktu 4 hari 3 malam di Malang, namun kami mencoba mengatur jadwal semaksimal mungkin. Sebagai awal kunjungan kami ke malang, kami memilih mengunjungi tempat-tempat wisata yang mainstream. Ke Gunung Bromo-nya di tunda dulu, untuk kunjungan kedua.

Berikut list tempat wisata yang kami kunjungi selama di Malang (4D3N)

Eco Green Park, Batu Secret Zoo dan Museum Satwa 

Kami mendarat di Bandara Abdurahman Saleh Malang saat sore hari, jadi perjalanan kami dimulai pada hari kedua. Setelah sarapan, kami bergegas ke Jatimpark 2 di Batu. Kami membeli tiket terusan seharga Rp 150.000/ orang, dengan tujuan wisata : Eco Green Park, Batu Secret Zoo, dan Museum Satwa.

Eco Green Park

Eco Green Park merupakan tempat wisata yang menyenangkan untuk mengajak anak berlibur sambil belajar. Saat memasuki pintu utama kami disuguhkan dengan pemandangan replika candi -candi di Indonesia yang dikelilingi oleh kolam. Ada pula instalasi menarik dari bahan daur ulang. Banyak sudut-sudut menarik yang bisa dieksplore. Selain berkonsep wisata alam dengan, eco green park juga menghadirkan nuansa seni dan budaya yang inspiratif.

Baca juga  3 Alasan Mengapa Harus Mengajak Anak Bermain Ke Kidzania

Pada wahana tertentu kita diperbolehkan memberikan makanan pada hewan-hewan, seperti wahana burung dan unggas, domba juga sapi. Tidak hanya wahana -wahana seputar hewan, terdapat pula wahana menarik seperti Jugle Adventure, Plaza Music, Eco Science Center, Eco Journey dan lainnya.

Eco Green Park

Batu Secret Zoo 

Nggak kalah menarik dengan Eco Green Park, Batu Secret Zoo menyuguhkan kebun binatang yang cukup wow. Nggak hanya memamerkan hewan-hewan saja, tapi kita juga dibuat merasakan habitat mereka sesungguhnya. Kerasa jungle-nya. Bisa dibilang Batu Secret Zoo ini kebun bintang bertaraf internasional, nggak kalah keren kok dari Singapore Zoo. Kalau luas Eco Green Park hanya 5 hektar, Batu Secret Zoo lebih luas lagi, yaitu 14 hektar. Gede banget kan!! Jadi disediakan juga sepeda duduk untuk berkeliling.

Batu Secret Zoo

Museum Satwa 

Pertama kali memasuki Jatimpark 2, kita akan disambut dengan bangunan putih megah dengan pilar-pilarnya yang besar-besar, itulah Museum Satwa. Didalamnya menampikkan diorama binatang dari kecil hingga yang besar, ditampilkan pula diorama hewan yang telah punah. Disini kita nggak banyak foto-foto karena batre Hp wis entek.

Museum Satwa

Batu Night Spectacular (BNS)

Disinilah para muda-mudi kota Malang merayakan malam minggu. Dufan versi mini kali ya, selain wahana-wahana memacu adrenalin, ada pula yang santai, seperti taman lampion dan wahana anak-anak. Selain wahana-wahana menarik, pengunjung juga dapat berbelanja karena terdapat night market dan foodcourt yang cukup besar, seketika mengingatkan saya dengan PRJ (Pekan raya Jakarta).

Taman Lampion di BNS

Museum Angkut 

Nah ini tidak boleh dilewatkan. Isinya kendaraan-kendaraan antik dari berbagai tempat, baik dalam negeri maupun luar negeri. Selain memamerkan kendaraan-kendaraan, instalasinya pun dibuat semenarik mungkin sesuai dengan tema, seperti Hollywood, Chinatown, Gangster Town, Buckingham Palace dan lain-lain. Tempat foto-foto yang menyenangkan.

Musium Angkut

Kampung warna- warni Jodipan

Atau terkenal dengan sebutan kampung warna-warni. Jodipan sendiri merupakan perkampungan yang rumah-rumahnya ditinggali warga. Namun sejak tahun 2016, Jodipan berubah tidak lagi menjadi perkampungan yang kumuh tapi penuh warna, bahkan menjadi salah satu tujuan wisata kota Malang bagi para wisatawan domestik dan internasional. Dinding dan atap rumah yang penuh warna, mural, juga instalasi yang menarik, menjadikannya spot menarik untuk warga foto-foto. Ada pula jembatan kaca yang menghubungkan antar kampung.

Baca juga  Triple Seven Hotel : Kehangatan Penginapan Bergaya Retro Industrialis
Kampung Warna-warni Jodipan

Begitulah list tempat wisata kami selama di Malang dan Batu. Kotanya sejuk, apalagi di Batu Malang. Kebetulan kami menginap di tempat yang cukup strategis jadi enak kemana-kemana, dan dikelilingi tempat kuliner.

Bonus : Aventree Homestay

Selama di Malang kami menginap di Aventree Homestay. Terletak di Jalan soekarno Hatta (Suhat), aventree Homestay & BBQ Resto terbilang cukup strategis karena dikelilingi oleh tempat kuliner, aksesnya pun mudah. Saya cukup surprise karena dengan harga yang cukup terjangkau penginapannya nyaman dan nuansanya asik banget. Kami mendapatkan kamar yang ada balkonnya dan kolam ikan.  Top deh!

Pesan Tiket Pesawat Jakarta – Malang di Pegipegi

Tadinya mau naik kereta, tapi setelah mikir-mikir lagi akhirnya kami memutuskan untuk naik pesawat, secara Jakarta – Malang itu perjalanannya 2x-nya Jakarta – Jogja, paling cepat aja 15 jam. Bisa modjaar aku ngikutin si Rayan yang mulai pecicilan di kereta. Sedangkan kalau naik pesawat akan lebih menghemat waktu di perjalanan pun selisih harganya tipis, apalagi sekarang ini banyak promo harga tiket pesawat.

Mulai deh kami cari tiket pesawat murah, salah satu aplikasi travel terbaik yang menawarkan banyak promo tiket pesawat, yaitu di Pegipegi. Apalagi kalau kalian menggunakan aplikasi Pegipegi versi terbaru akan banyak banget penawaran tiket murah, dari mulai tiket kereta, hotel, dan pesawat.

Promo di Pegipegi

Untuk proses pesan tiket pesawat-nya sendiri mudah sekali. Cukup mengikuti instruksi yang diberikan.

  1. Download dulu aplikasi Pegipegi. Kemudian login deh untuk mendapatkan promo member
  2. Bisa juga melengkapi profil dan data penumpang dulu untuk memudahkan proses pemesanan (karena data penumpang ini akan disimpan di akun kita, berguna untuk proses pemesanan selanjutnya)
  3. Mulai deh cari jadwal penerbangan dan promo yang bisa digunakan.
  4. Setelah menemukan jadwal yang sesuai, kemudian melalui 3 proses pemesanan, yaitu Pesan, Konfirmasi dan Bayar.
  5. Pada bagian pesan, selain memesan jadwal, juga melengkapi data penumpang.
  6. Lalu konfirmasi, untuk kembali memastikan pesanan.
  7. Bayar, di sini akan ditampilkan metode pembayaran yang akan dipilih. Sebagai contoh, saya memilih metode virtual account BCA.
  8. Jika kita memiliki kode kupon promo, maka masukan dulu kode promonya..mayan kan. Setelah itu akan ditampilkan besarnya potongan biaya dan total biaya yang harus dibayarkan.
  9. Baru deh klik ‘Bayar dengan virtual account bca’
  10. Udah deh, detailnya dikirim ke email, juga tata cara pembayaran melalui virtual account bca.

Mudah banget kan ya pesan tiket pesawat online di Pegipegi, banyak diskonnya pula. Abis ke tempat wisata di Malang kemana lagi ya enaknya? any idea?