Selain diminta mereview, alasan lain saya mencari tahu tentang sabun yang SLS Free atau No Added SLS atau tanpa kandungan SLS adalah karena sebagai orangtua, saya ingin memberikan yang terbaik untuk anak saya. Jadi, ini cukup menjadi perhatian saya ketika belanja dan memilih kebutuhan yang aman untuk buah hati.  

Saya juga punya pengalaman kurang menyenangkan tentang kulit sensitif yang pernah dialami Arrayan, anak pertama saya. Sewaktu belum genap setahun, Rayan pernah mengalami masalah kulit sensitif sampai-sampai saya membawanya ke dokter kulit.

Masih teringat rasanya betapa kalang kabutnya saya. Kemungkinan iritasi tersebut berasal dari zat kimia Sodium Lauryl Sulfat yang dapat berasal dari sabun mandi atau sabun cuci. Sebenarnya tahap awal masalah kulit sensitif pada bayi ini bisa diatasi dengan menggunakan sabun bayi untuk kulit sensitif dan memilih sabun yang SLS Free atau tanpa SLS.

Apa itu SLS dan mengapa memilih produk yang SLS free atau No Added SLS?

SLS merupakan singkatan dari Sodium Lauryl Sulfate, bahan kimia yang bisanya ditemukan dalam kandungan sabun mandi, sabun cuci, sampo, skincare (pembersih wajah, sabun cuci wajah, krim wajah, lotion) dan dapat pula ditemukan dalam kandungan makanan dan minuman tertentu. SLS sendiri bekerja untuk membersihkan kulit dari segala kotoran, debu dan minyak, juga menghasilkan busa.

Sodium Lauryl Sulfat (SLS) termasuk golongan Anionik Surfactant  yang digunakan sebagai zat pembersih dengan mekanisme kerja menyergap kelembaban kulit baby sehingga beresiko menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi. Selain itu busa dari Golongan Anionik Surfactant akan menurunkan kadar oksigen dalam perairan sehingga tidak ramah lingkungan.

Memilih Produk Sabun dengan SLS Free untuk Bayi

Nah, memang kebanyakan sabun mandi dan sabun cuci ada kandungan Sodium Lauryl Sulfat. Makanya, kita sebagai konsumen harus teliti memeriksa komposisi produk yang akan kita beli. Pastikan pilih  produk untuk anak yang tanpa tambahan Sodium Lauryl Sulfat, alkohol dan phenoxyethanol.

Sekarang ini saya sedang menggunakan PureBaby Liquid soap untuk sabun mandi si kecil dan PureBaby Laundry Liquid untuk cuci bajunya karena saya tahu produk PureBaby bebas dari tambahan SLS. Nah, catet ya buk

Baca juga  Kisah Bumil menghadapi trimester awal kehamilan

Produk PureBaby under supervision Novell Pharmaceuticatl group yang merupakan perusahaan farmasi sehingga dari mulai pemilihan bahan baku, proses produksi, bahan kemas hingga dapat di konsumsi sesuai dengan standart kualitas GMP (Good Manufacturing Practice Farmasi).

Pure Baby Liquid Soap

Selain keunggulannya yang tanpa tambahan SLS, PureBaby Liquid Soap ini memiliki pH 5.5 yang baik digunakan untuk kulit bayi, apalagi untuk newborn baby. Kandungan triple moisturizer (Oat Kernel Extract, Pro Vit B5, dan Chamomile) merawat kulit bayi dari iritasi ringan / ruam, dermatitis, alergi dan biang keringat.

PureBaby Liquid Soap juga telah lolos Dermatologically Tested, yang menunjukan bahwa PureBaby Liquid Soap tidak menggunakan bahan-bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit. Sangat cocok untuk bayi dengan riwayat kulit sensitif. 

PureBaby Liquid Soap memiliki tekstur yang moist banget, kenyal dan tidak cair. Busanya sedikit, tapi saya suka sama wanginya yang soft alias nggak terlalu menyengat. Sudah lebih dari seminggu ini saya coba, kulit anak saya jadi lebih lembut, nggak kering. 

Pure Baby Laundry Liquid

Sewaktu membuka kemasan PureBaby Laundry Liquid saya mencium aroma yang segar dan soft. Sekalipun SLS Free atau No Added SLS, Pure Baby Laundry Liquid cukup ampuh mengangkat kotoran karena memiliki kandungan Alkylpoliglucoside yang berasal dari minyak kelapa dan gula jagung.

Selain itu telah teruji Hypoallergenic karena menggunakan bahan-bahan yang tidak berpotensi menyebabkan alergi, serta mengandung Aloe Vera, anti bakterial dan anti fungi alami. Bagi saya dua keunggulan diatas penting banget agar kulit bayi terhindar dari iritasi, dan pakaiannya terhindar dari jamur.

Untuk melihat bagaimana kekuatan PureBaby Laundy Liquid mengangkat kotoran, saya pun mencoba mencuci baju anak-anak dengan mesin cuci dan beberapa saya cuci dengan tangan. Saya juga sengaja oleskan noda coklat pada salah satu wash cloth.  

Baca juga  Tantangan 12 Hari dari BRAND's Saripati Ayam

Karena SLS Free, jadi sangat terlihat busanya dikit sekali. Baik yang saya coba di mesin cuci, maupun menggunakan tangan, keduanya sedikit busa. Saya sangat suka wanginya yang tidak terlalu menyengat, soft banget, tapi tetap menyegarkan.  

Kalau yang dicuci di mesin cuci, cukup dicuci seperti biasa. Perbedanya, kalau biasanya setelah dicuci dengan detergen, kemudian air dibuang dan tahap selanjutnya adalah menuangkan pewangi. Kalau PureBaby Laundry Liquid cukup satu tahap saja, tidak perlu menggunakan pelembut pakaian lagi karena kandungan Aloe Vera-nya berfungsi untuk memberikan kelembutan pada pakaian bayi. 

Untuk cucian yang dikucek dengan tangan, rendam dahulu selama 30 menit, lalu dicuci seperti biasa. Satu kain yang saya berikan noda coklat pun saya kucek, kemudian hilang. Selanjutnya tinggal dijemur. Beberapa saya jemur di dalam dan luar ruangan. Setelah kering keduanya masih sama-sama lembut, dan tidak kaku. Meskipun aroma setelah dijemur tidak semerbak, tapi yang penting adalah tidak apek dan nyaman di kulit (tidak gatel).  

Untuk ukuran sabun SLS free, keduanya memiliki harga yang cukup terjangkau (lihat di official store di tokopedia)  

PureBaby Liquid Soap 230 ml di kisaran Rp 115.000

PureBaby Laundry Liquid, 700 ml di kisaran harga Rp 54.000

Gimana bu? buat keamanan kulit bayi produk-produk PureBaby ini oke banget kan? 

Produk PureBaby bisa dibeli di Kimia Farma, Food Hall, Farmers, Kelapa Gading, Ranch Market, Aeon, Lulu, Grand Lucky, Diamond dan Baby Shop. Untuk Purebaby Liquid soap juga bisa didapatkan di apotek.

Silahkan dicoba ya bu, semoga cocok.