Beberapa penelitan mengatakan ada hubungan antara jenis musik yang kita sukai dengan kepribadian kita. Menarik ya, pastinya berkaitan sama ilmu psikologi. Penelitian terbaru dilakukan oleh Profesor Adrian North dari Heriot-Watt University, Edinburg, Inggris, Ia meyakini bahwa musik dapat digunakan sebagai cara untuk melihat kepribadian seseorang.

Disini saya nggak akan membahas hasil penelitiannya, kalian dapat melihatnya disini. tapi saya akan me-review tentang aplikasi yang baru-baru ini sedang saya eksplor. Aplikasi musik bernama Spotify. Ini menarik bagi para penikmat musik dan saya percaya tidak ada seorang pun di dunia ini yang tidak mendengarkan musik. Bahkan bagi sebagian orang hidup itu adalah musik. Sisanya, tetap berpendapat kalau hidup itu bernafas. Yayaya. Karena musik adalah bagian dari hidup, makanya nggak heran juga sih kalau ada yang bilang cara melihat personality seseorang dari kegemaran lagu di playlist ponsel-nya.

Nah, mungkin kalian merasa sudah cukup menyimpan lagu favorit di ponsel atau PC, emang pilihannya apa lagi? nah, udah tau belum music platform bernama spotify. Ini menarik loh, dan bagi pecinta musik pasti senang menggunakannya.

Apa itu Spotify?

Spotify adalah sebuah aplikasi streaming asal Swedia, #temennyaikeadong hehe, telah diluncurkan sejak September 2008, tapi baru masuk Indonesia pada akhir bulan Maret 2016.

Lama juga ya, namun dengan rentan waktu yang cukup lama pastinya juga banyak penyempurnaan pada aplikasi ini.

Jadi dengan bahasa lain, Spotify itu semacam sosial media tapi khusus musik. Bukan hanya memasukan musik kegemaran kita ke playlist atau mem-follow penyanyi favorit  kita, tapi juga dapat mem-follow user lain (orang biasa) yang koleksi musiknya kita sukai, begitu juga sebaliknya.

Baca juga  [Review] Orientasi Rasa by Maria Dorotea

Menarik ya. Jadi koleksi musik kita nggak hanya kita yang menikmati, nggak cuma bertengger di playlist ponsel kita tanpa ada orang lain yang tau. Dengan Spotify, koleksi musik di playlist dapat dilihat bahkan dinikmati orang lain, jika memiliki kegemaran musik yang sama.

Cara menggunakan Pemutar Musik Spotify

Untuk menggunakan Spotify di ponsel atau PC sangat mudah, seperti men-download dan menginstall aplikasi pada umumnya. Kalian juga dapat memilih menggunakan spotify secara free atau berbayar. Tentu saja ada perbedaan, yaitu sbb :

Pemutar Musik Spotify Premium

Spotify Premium

Dalam beberapa hal memang harus kita sadari bahwa yang berbayar lebih menguntungkan. Jangan gratisan mulu dong. hehehe… Padahal kalau liat yang gratisan tetep aja berbinar-binar 😀

Saya sendiri menggunakan yang berbayar, alasannya selain mendapatkan keuntungan yang lebih, ini juga bentuk apresiasi saya atas sebuah karya. Musik kan juga karya, walaupun mudah diperoleh (di youtube, radio, download dan platform musik lainnya), tapi pingin aja menghindari bajakan. Selain koleksi lagu kita dapat dinikmati orang lain, saya juga ingin menikmati lagu-lagu baru yang nggak pernah surut karena playlist di ponsel dan PC saya lagu-lagu jadul semua, hehehe.

Ngomong-ngomong soal aplikasi musik, Spotify adalah yang pertama saya gunakan. Jadi saya kurang paham jika dibandingkan dengan Joox, Deezer atau Guvera. Saya sih ikutin abang suami aja. hehehe.

Keuntungan

  1. Koleksi lagunya banyak banget. Konon katanya spotify menyedikan lebih dari 30 juta musik. Selain itu, setelah seminggu mendaftar, spotify dapat mendeteksi jenis-jenis lagu yang sesuai dengan selera kamu. Nah, kamu bisa melihatnya di feature discover weekly yang akan keluar setap hari senin dengan 30 lagu baru. Dijamin kamu pasti akan suka sama lagu-lagu pilihan dari Spotify. Rasanya pingin saya masukin playlist semua.  Hahaha,  abis ciamiiik!!!
  2. Offline Listening. Lagu-lagu yang sudah disimpan di dalam playlist Spotify / telah di download, bisa kamu nikmati secara offline. jadi seru banget kan. Asalkan memori ponsel kamu cukup, kamu bisa menyimpan lagu favorit sebanyak-banyaknya.
  3. Dapat didengarkan di berbagai perangkat. Hanya dengan satu akun kamu dapat menikmati Spotify di berbagai perangkat, seperti Android &iOS untuk mobile, windows jika di PC, web (play.spotify.com), bahkan di playstation. Namun tidak bisa dinikmati secara berbarengan yaa. Semisal kamu sudah bosan mendengarkan Spotify di PC, lalu supaya bisa lebih mobile kamu bisa beranjak menikmatinya di ponsel.
    Tampilan Spotify di ponsel

    Tampilan Spotify di ponsel

    Tampilan Pemutar Musik Spotify

    tampilan Spotify PC

  4. Bagi kamu yang malas milah-milah lagu, atau bosan mendengarkan lagu yang itu-itu saja, kamu bisa menikmati feature katalog playlist lagu. Rupanya bukan cuma musikus atau label rekaman saja yang bisa mempublish katalog playlist lagu, orang biasa macam saya juga bisa menyumbangkan playlist lagu. Menarikkan!!! Saya sih yesss!! #niruingayamasanang

    Katalog Playlist Spotify

    Katalog Playlist Spotify

Hanya saja keuntungan-keuntungan itu dapat dirasakan lebih maksimal saat menggunakan Spotify yang berbayar. Kalau kamu menggunakan yang free, kamu tidak bisa memilih lagu di playlist kamu alias lagu akan dipilih secara acak. Kamu juga tidak bisa menikmati lagu secara offline dan tentunya bermunculan iklan-iklan.

Untuk berlangganan Spotify sendiri, kamu bisa memilih menggunakan secara free, berbayar individu sebesar Rp 49.990  dan family Rp 79.000/ bulan (untuk 5 akun).  Lumayan juga ya harganya kalau yang individu,  itu seharga kuota inet bulanan saya, hehe.. Tapi sebenernya lumayan hemat juga kalau gunain paket yang family,  nggak mesti family juga sih,  kamu dan teman-teman kos bisa banget patungan buat daftar Spotify family.  🙂

Gimana menurut kamu?? saran saya sih, kalau kamu penikmat musik mungkin Spotify berbayar akan sangat memuaskan hasratmu yang haus akan musik.

Yuk,  follow-follow-an Spotify,  sapa tau selera musik kita sama,  hehehe 😊